Bandara Tardamu Sabu Movement 24 Kali Per Minggu

Kabandara Tardamu Sabu Agustinus Lande bersama jajaran. (Bandara)
Bagikan

Bandara Kelas III Tardamu Sabu yang terletak di Pulau Sawu, tepatnya di Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, NTT ini setiap minggu melakukan movement penerbangan sebanyak 24 kali.

Pergerakan sebanyak itu untuk melayani sejumlah rute, yaitu untuk penerbangan komersial dengan rute Kupang-Sabu pp. Sementara penerbangan perintis melayani rute Rote-Sabu pp, Sabu-Waingapu pp, Sabu-Ende pp, dan Waingapu-Ruteng pp.

Menurut Kepala Bandara Tardamu Sabu Agustinus Lande, tingginya movement penerbangan ini karena adanya permintaan yang cukup tinggi pula.

“Antusias masyarakat terhadap transportasi udara cukup lumayan, terutama ke rute-rute yang sudah ada,” ujar Agustinus.

Bandara ini memiliki landasan pacu 900 m x 23 m. Sementara fasilitas apron yang dipergunakan untuk melayani pengguna jasa penerbangan seluas 60 m x 40m.

Baca juga :   Pemkab Maluku Tengah Dorong Kerja Tim Perluasan Bandara Amahai

Bandara Tardamu hanya bisa dilayani jenis pesawat karavan dan Casa 212 dengan kapasitas 12 penumpang.

Menurut Kabandara Tardamu Sabu Agustinus Lande, Kabandara Tardamu Agustinus Lande Kabandara Tardamu Agustinus Lande bersama jajaran berencana untuk membangun bandara baru.

“Akan dibangun bila hasil visibility study selesai dikerjakan oleh pihak Pemkab Sabu Raijua,” kata Agustinus.

Bandara Tardamu menjadi gerbang utama bagi masyarakat maupun wisatawan yang ingin memasuki wilayah Sabu melalui transportasi udara.

Pulau Sabu atau Pulau Sawu ini sendiri terkenal dengan tempat wisata yang menawan, beberapa di antaranya, yaitu Bukit Berwarna Kelabba Maja, Pantai Napae, Kampung Adat Namata, Pantai Seba, dan Gua Lie Malaba. B

Komentar

Bagikan