Bandara Sentani Jayapura Siap Sambut Peparnas XVI 2021 Papua

Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 pada 2-15 November 2021. (Istimewa)
Bagikan

Sukses mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada pertengahan Oktober lalu, Bandara Sentani Jayapura juga siap menyambut kedatangan ajang olahraga Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 pada 2-15 November 2021.

Adapun kesiapan Bandara Sentani Jayapura yang dikelola Angkasa Pura Airports ini ditunjukkan dengan lancarnya simulasi penyambutan atlet peserta Peparnas XVI yang dilakukan pada 29 Oktober 2021.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, simulasi dilakukan dengan melibatkan panitia Perpanas XVI dan stakeholder Bandara Sentani seperti pihak groundhandling dan porter bandara.

“Angkasa Pura Airports turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan Peparnas XVI Papua melalui kesiapan dalam menyambut para atlet berkebutuhan khusus di Bandara Sentani Jayapura,” ujarnya dalam rilis perusahaan.

Baca juga :   Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Raih Sertifikat Greenship Building Kategori Gold

Angkasa Pura Airports telah menyiapkan jalur (fast track) dan area khusus untuk para atlet dan official Peparnas untuk mengantisipasi potensi penumpukkan penumpang.

Selain itu, juga disiapkan jalur landai (ramp) sebanyak lima unit yang terdiri dari dua ramp di area lobi kedatangan dan keberangkatan, satu ramp di koridor sisi udara (fix bridge), dan dua ramp di area ruang tunggu.

Sementara itu, pada sisi udara area kedatangan juga disediakan empat toilet portable bagi atlet berkebutuhan khusus untuk mengantisipasi kebutuhan toilet para peserta yang baru mendarat.

Penyediaan ini menambah jumlah toilet ramah difabel di Bandara Sentani menjadi delapan toilet, sisanya terdapat di toilet ruang tunggu lantai satu dan dua, serta di toilet kedatangan (area baggage claim).

Baca juga :   Gibraltar Airport; Runway Di Antara Jalanan Umum

Selain itu, juga disediakan sofa atau kursi khusus bagi penyandang disabilitas di area ruang tunggu lantai dua.

“Kami harap kelancaran dan kenyamanan mobilitas para peserta dan panitia Perpanas di Bandara Sentani dapat mendukung kelancaran penyelenggaraan Perpanas XVI secara keseluruhan,” jelas Fahmi. B

 

 

 

Komentar

Bagikan