Penumpang Pesawat Pilih Tiga Bandara AP II Jadi Terbaik di Asia Pasifik

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Supadio dan Bandara Depati Amir meraih total 10 ACI ASQ Awards 2023. (dok. angkasapura2.co.id)

Airport Council International (ACI), organisasi yang menaungi sekitar 1.950 bandara di 185 negara, menganugerahi berbagai penghargaan kepada tiga bandara PT Angkasa Pura II (AP II).

Ketiga bandara AP II yang meraih penghargaan ACI Airport Service Quality Awards 2023 adalah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Supadio (Pontianak) dan Bandara Depati Amir (Pangkalpinang).

Pengumuman peraih penghargaan itu dilakukan ACI pada 10 Maret 2024.

ACI ASQ Awards merupakan program terdepan di industri aviasi dalam menilai customer experience yang didukung metodologi ketat dan ilmiah.

ASQ memiliki pendekatan survei secara langsung kepada traveler di bandara, dengan survei tersebut menilai 30 indikator passenger experience.

Vice President of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan, ketiga bandara AP II total meraih 10 penghargaan ACI ASQ Awards 2023.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Supadio dan Bandara Depati Amir masing-masing meraih ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori bandara terbaik di Asia Pasifik berdasarkan kapasitas dari masing-masing bandara.

“Kami sangat bangga atas pencapaian tiga bandara AP II yang meraih ACI ASQ Awards 2023 berdasarkan penilaian para penumpang pesawat,” ungkapnya.

Pengembangan infrastruktur, pemanfaatan Information and Technology (IT) dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci bagi bandara-bandara AP II untuk memiliki standar pelayanan tinggi.

“Penghargaan ini merefleksikan semangat AP II dalam melayani penumpang pesawat. Apresiasi dari ACI juga berkat kolaborasi yang baik di antara stakeholder bandara serta dukungan dari seluruh masyarakat,” ujar Cin Asmoro.

Baca juga :   Operasional Bandara Djalaluddin Gorontalo Maksimal Meski Anggaran Terbatas

Adapun penghargaan ACI ASQ Awards 2023 yang diberikan bagi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) adalah ACI World Director General’s Roll of Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific.

EGM Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Iwan Winaya mengatakan, tahun ini mendapatkan empat penghargaan sebelumnya di tahun 2022 dan hanya mendapatkan satu penghargaan.

Penghargaan itu adalah Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia dan yang spesial di tahun ini mendapatkan penghargaan ACI World Director General’s Roll of Excellece, yaitu penghargaan yang hanya diberikan kepada bandara yang telah meraih beragam ACI ASQ Award selama lima tahun dalam periode 10 tahun program ini.

“Kami berharap seluruh penghargaan yang berhasil diraih Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ini mampu membawa nama harum Indonesia dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Palembang,” jelasnya.

Adapun tiga penghargaan lainnya adalah Best Airport of 2 to 5 million, lalu Easiest Airport Journey dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific, yang merupakan apresiasi dari penumpang pesawat atas pengalaman terbaik yang mereka rasakan saat melakukan perjalanan.

Sementara itu, Bandara Supadio meraih ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific, Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific dan Cleanest Airprot in Asia-Pacific.

EGM Bandara Supadio M. Iwan Sutisna menuturkan, penghargaan sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik ini menjadi penyemangat untuk terus memperkuat konektivitas penerbangan di Pontianak.

Baca juga :   Penumpang Pesawat Tahun 2023 di Bandara AP II Meroket 30%

“Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan penumpang pesawat sehingga Bandara Supadio berhasil meraih empat penghargaan, termasuk sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik untuk kapasitas 2 juta hingga 5 juta penumpang,” tuturnya.

Penghargaan Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific juga menjadi kebanggaan bagi seluruh stakeholder dan staf bandara. Semangat dan kerja keras para staf bandara dalam melayani, telah mendapat apresiasi dari para penumpang.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Kalimantan Barat,” ujar Iwan Sutisna.

Bandara AP II lainnya yang meraih ACI ASQ Awards 2023 adalah Bandara Depati Amir (Pangkalpinang).

Bandara Depati Amir berhasil mendapatkan penghargaan ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori Best Airport under 2 Million Passengers in Asia-Pacific dan Cleanest Airport in Asia-Pacific.

“Penghargaan Best Airport under 2 Million Passenger dan Cleanest Airpot in Asia-Pacific menjadi kebanggaan dan penyemangat bagi seluruh stakeholder Bandara Depati Amir untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat. Kami berterima kasih atas apresiasi dan dukungan dari seluruh masyarakat Bangka,” ujar EGM Bandara Depati Amir Mohamad Adiwiyatno. B

 

Komentar