Pemkot Makassar Jadi yang Pertama Serahkan Laporan Keuangan ke BPK

Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023 Unaudited di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). (dok makassar.go.id)

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto jadi yang pertama dalam agenda penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023 Unaudited di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulsel, baru-baru ini.

Danny Pomanto sapaan akrabnya mengaku optimistis meraih target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), karena timnya sudah memiliki standar kerja akuntabel yang telah menjadi standar hariannya.

“Dengan penyerahan yang lebih awal ini, dirinya mengharapkan semua OPD dapat bekerja lebih cepat dan maksimal. Apalagi banyak agenda nasional yang berlangsung kedepannya,” ujarnya.

Danny mengimbau kepada para OPD agar bekerja lebih baik lagi agar cita-cita WTP mampu dicapai.

Dia tidak ingin terjadi perlambatan dalam penyerahan laporan pertanggungjawaban.

Olehnya, wali kota dua periode ini menekankan urusan administrasi laporan keuangan bisa dikerjakan sembari agar tidak menumpuk pada akhir tahun.

Baca juga :   KA Wisata Mak Itam Kembali Beroperasi

“Ini semestinya sudah menjadi budaya dan tradisi sehingga tidak ada yang perlu dicari pembuktiannya,” jelas Danny.

Kepala BPK Perwakilan Sulsel Amin Adab Bangun merespons positif langkah Pemkot Makassar, apalagi Amin menilai Makassar sudah memiliki pengalaman terhadap capaian WTP.

“Kota Makassar sudah berpengalaman WTP maka seharusnya sudah menjadi budaya kerja dalam pengelolaan keuangan daerah,” jelasnya.

Dia menyebutkan bahwa ada beberapa indikator utama dalam meraih WTP, seperti kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, kesesuaian dengan standar administrasi pemerintahan dan sebagainya. B

Komentar