Kemenhub Cek Persiapan Angleb 2024 di Bandara Soekarno-Hatta

Kunjungan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubud Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni ke Terminal 1, 2 dan 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (dok. hubudkemenhub)

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubud Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni melakukan pengecekan dan pemantauan langsung ke Terminal 1, 2 dan 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam rangka libur panjang dan Angkutan Udara Lebaran (Angleb) 1445 Hijriyah/2024 Masehi pada Jumat (8/3/2024).

Berdasarkan hasil monitoring secara keseluruhan berjalan aman dan lancar. Di area drop off, Menhub mengamati adanya peningkatan antrian akibat lonjakan penumpang saat peak season.

“Data terkini mulai terjadi lonjakan penumpang, terdapat sebanyak 998 penerbangan yang berlangsung dengan jumlah 161.682 penumpang,” ujar Kristi.

Mengatasi lonjakan penumpang tersebut, dia memerintahkan agar petugas bandara di area drop off ditambah guna menghindari antrian panjang.

Baca juga :   Movement Bandara Mali Alor 14 Kali Seminggu

Selain itu, sebagian besar counter check in saat ini akan difungsikan hanya sebagai tempat untuk meletakkan bagasi.

“Penumpang dapat melakukan check in secara online dan self check in melalui mesin yang tersedia.

Selain itu, perlu penempatan petugas yang membantu penumpang yang masih membutuhkan bantuan dan diharapkan ini dapat meningkatkan efisiensi, serta mengurangi antrian.

Kristi juga menyempatkan mengecek fasilitas toilet di area publik yang akan banyak dipergunakan oleh penumpang.

“Sangat penting memastikan fasilitas toilet berfungsi dengan baik dan menjaga kebersihannya,” ungkap Kristi.

Saat peninjauan, Dirjen didampingi oleh para Direktur Teknis di lingkungan Ditjen Hubud dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah I melanjutkan peninjauan ke area boarding lounge dan Terminal 2 yang sedang direhab, khusus untuk terminal umrah.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Layani 310.054 Pergerakan Penumpang Selama Dua Hari Lebaran

Secara keseluruhan semua prosedur penerbangan berjalan aman terkendali dan fasilitas bandara berfungsi optimal.

“Saya himbau menjelang angkutan udara lebaran, agar semua pihak dapat berkolaborasi dan sinergi untuk memastikan penerbangan yang selamat, aman dan nyaman,” jelasnya. B

Komentar