Indonesia Serahterimakan Bandara VIP Beau Field Kepada Pemerintah Vanuatu

Saat serah terima Bandara Very Important Person (VIP) Beau Field di Port Villa, Vanuatu. (dok. bnpb)

Setelah melaksanakan pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi selama kurang lebih tiga bulan, akhirnya Pemerintah Indonesia menyelesaikan renovasi ruang Very Important Person (VIP) Bandara Internasional Beau Field di Port Vila, Vanuatu.

Wilayah Vanuatu ini adalah sebuah negara pulau yang terletak di Samudera Pasifik ada di dalam Melanesian region. Vanuatu terletak di sebelah Timur Australia, sebelah Timur Laut Kaledonia Baru, sebelah Barat Fiji dan sebelah Barat Kepulauan Solomon.

Bandara Beau Field yang menjadi pintu masuk udara Vanuatu itu sebelumnya mengalami kerusakan yang cukup parah setelah diterjang Badai Judy dan Kevin pada Maret 2023u.

Selain itu, hampir seluruh wilayah Vanuatu juga terdampak bencana badai tropis tersebut.

Atas dasar itu, Pemerintah Indonesia kemudian memutuskan memberikan dukungan logistik dan peralatan termasuk perbaikan infrastruktur dan sarana vital ruang VIP Bandara Beau Field.

Baca juga :   Penerbangan Perdana Bandara Kertajati – Bandara Nusawiru Dibuka 29 Agustus 2023

Untuk bantuan logistik peralatan, Indonesia telah mengirimkannya pada Mei 2023. Kemudian untuk perbaikan ruang VIP Bandara Beau Field dan telah memulai pembangunan sejak September 2023.

Pada Sabtu (17/12/2023), Pemerintah Indonesia yang diwakili Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hadir ke Vanuatu untuk menyerahterimakan ruang VIP Bandara Beau Field kepada Pemerintah Vanuatu.

Upacara serah terima itu dilakukan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto kepada Menteri Luar Negeri Vanuatu Hon. Matai Seremaia, disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Vanuatu Siswo Pramono bersama perwakilan Kementerian Luar Negeri dan PT PP sebagai kontraktor pelaksana di bawah kendali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ruang VIP Bandara Beau Field kini telah berubah wajah. Kerusakan konstruksi yang mencapai hampir 50% itu telah diperbaiki oleh 24 pekerja yang merupakan orang-orang terpilih dan lima engineer terbaik dari tanah air.

Baca juga :   Ditjen Hubud Apresiasi Kembalinya Penerbangan Langsung di Bandara Kalimarau

Selain perubahan wajah, ruang VIP baru itu kini juga dilengkapi fasilitas seperti lounge, ruang tunggu atau transit, toilet umum termasuk difabel dengan menghadirkan ornamen yang masih bernuansa Indonesia dan Vanuatu.

Ruang VIP dengan luas total 912,6 meter persegi itu kini telah dapat dinikmati oleh warga Vanuatu dan tamu-tamu penting, termasuk delegasi kenegaraan.

Melalui perbaikan infrastruktur itu, Pemerintah Indonesia berharap semoga hal itu dapat lebih mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vanuatu.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk mendorong keamanan dan pertahanan secara berkesinambungan di kawasan Pasifik. B  

Komentar