Indonesia AirAsia Resmi Terbang Perdana dari Bali ke Bandar Lampung

Ssaat peresmian Indonesia AirAsia terbang perdana dari Bali ke Bandar Lampung. (dok. newsroom.airasia.com)

Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi Skytrax, Indonesia AirAsia, secara resmi terbang perdana langsung tanpa transit dari Denpasar, Bali ke Bandar Lampung.

Rute ini merupakan rute kedua Indonesia AirAsia dari dan ke Lampung, setelah sebelumnya meresmikan rute Jakarta – Bandar Lampung pada April 2023.

Head of Government Relations & Corporate Communications Indonesia AirAsia

Eddy Krismeidi Soemawilaga menyatakan, untuk mengawali tahun 2024, Indonesia AirAsia kembali membuktikan komitmennya dengan terus memperluas konektivitas penerbangan.

“Hal ini kami lakukan dengan gencar membuka rute baru yang dapat menghubungkan penumpang setia kami ke destinasi favorit tujuan dengan lebih mudah,” katanya.

Selain itu, memberikan opsi penerbangan lain bagi para penumpang dengan harga yang terjangkau.

“Kami harap Indonesia AirAsia dapat membantu memfasilitasi sekitar 1 juta warga Lampung asal Bali yang sudah menetap selama lebih dari tiga generasi untuk mengunjungi kerabat tercinta di tanah leluhurnya,” tuturnya di Bandar Lampung, Rabu (17/1/2024).

Eddy menambahkan, pembukaan rute ini juga merupakan salah satu upaya Indonesia AirAsia untuk menghubungkan wisatawan nusantara maupun mancanegara yang ingin mengunjungi Lampung dengan berbagai destinasi wisata menakjubkan yang dimilikinya.

Kini, wisatawan mancanegara asal Australia, Malaysia, Singapura dan Thailand dapat berkunjung ke Lampung dengan AirAsia melalui penerbangan lanjutan dari Jakarta dan Denpasar, begitu juga sebaliknya.

Baca juga :   AirAsia Indonesia Kembali Layani Penerbangan Pada 2 Oktober

Terbang perdana dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), pesawat Indonesia AirAsia (QZ 182) mendarat di Bandara Internasional Radin Inten II (TKG) pada pukul 12.00 WIB yang disambut dengan acara water salute.

Turut hadir dalam penerbangan perdana ini Allstars Indonesia AirAsia yang disambut oleh Fahrizal Darminto, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung dan Pandu Kesuma Dewangsa, Wakil Bupati Lampung Selatan.

Selain itu, hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung Bobby Irawan,

Executive General Manager AP II Bandara Internasional Radin Inten II Untung Basuki, dan Nyoman Setiawan, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Lampung.

Acara ini juga ditandai dengan pengalungan kain tradisional khas Lampung, yaitu kain Tapis kepada pilot dan awak kabin yang bertugas.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyambut dengan sukacita dan penuh semangat atas dibukanya rute kedua oleh Indonesia AirAsia dan penambahan rute ini juga menandai komitmen pemerintah daerah dalam mengembangkan konektivitas dan pariwisata di Lampung.

Baca juga :   PTDI Kini Bisa Produksi Delapan Pesawat CN-235 Setiap Tahun

“Mari kita bersama-sama mewujudkan Lampung sebagai destinasi pariwisata unggulan sehingga dapat menarik lebih banyak lagi wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan Lampung. Terima kasih kepada Indonesia AirAsia atas kepercayaannya pada potensi Lampung,” ungkapnya.

Salah satu destinasi wisata Lampung yang sudah diakui di mata dunia adalah Pantai Tanjung Setia.

Pantai ini dipilih menjadi tuan rumah bagi kejuaraan International World Surf League Krui Pro 2023 pada Juni tahun lalu.

Para pecinta selancar domestik maupun internasional dapat melihat secara langsung deburan ombak nan memukau, sekaligus mencoba untuk menaklukan tantangan dibalik keindahannya.

Pada tahun 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan Lampung sebagai daerah dengan kunjungan wisatawan nusantara terbesar ketiga di Pulau Sumatra, setelah Sumatra Utara dan Sumatra Barat.

Hal ini didukung dengan jumlah pergerakan wisatawan nusantara yang mengunjungi Lampung pada periode Januari – November 2023 mencapai 12.216.420 wisatawan.

Jumlah ini juga telah melampaui target yang ditetapkan oleh Pemprov Lampung pada tahun 2023, yaitu sebesar 5,490,000 wisatawan dan naik 23% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022 yang hanya mencapai 9.900.560 wisatawan. B

Komentar