Gibraltar Airport; Runway Di Antara Jalanan Umum

0
38
Pesawat melintasi jalanan umum. (Sumber : getty images)

Jika berjalan di runway bandara pada umumnya bisa membuat seseorang ditangkap, di Bandara Gibraltar hal ini merupakan sesuatu yang umum. Di sini, jalan utama dari dan menuju British Overseas Territory memotong runway bandara.

Bandara Gibraltar berada di selatan perbatasan Spanyol, biasanya melayani penerbangan untuk British Airways dan easyJet dari dan menuju United Kingdom dan beberapa layanan yang dioperasikan oleh Royal Air Maroc.

Kurangnya tanah datar di Gibraltar membuat landasan pacu satu-satunya terpotong oleh jalan tersibuk di Gibraltar, Winston Churchill Avenue. Pembatas jalan menutup lalu lintas kendaraan ketika ada pesawat yang terbang atau mendarat.

Akan tetapi, dikarenakan volume penerbangan yang mulai meningkat baik untuk penerbangan serta lalu lintas darat di lokasi, pengembangan bandara telah mulai dilakukan. Jumlah penumpang memuncak pada tahun 2017 di sekitar setengah juta penumpang per tahunnya. Hal ini dikarenakan penerbangan yang dilakukan oleh Monarch Airlines meningkat. Tetapi seiring bangkrutnya Monarch Airlines, jumlah penumpang telah turun kembali.

Untuk mengakomodasi jumlah penumpang yang meningkat, terminal bandara dibuka sepenuhnya pada tahun 2012. Terminal ini dilengkapi dengan lima pintu bandara, fasilitas untuk kedatangan dan keberangkatan, serta tempat untuk melihat pesawat terbang dan mendarat.

Untuk menangani pertumbuhan jumlah kendaraan darat, terowongan disekitar timur bandara kini sedang dibangun. Jika selesai dibangun, semua lalu lintas tidak akan lagi memotong landasan pacu.

Dengan penyelesaian terowongan, keamanan dan keselamatan baik pesawat serta kendaraan darat tentunya akan semakin terjamin. Tetapi, Bandara Gibraltar akan kehilangan keunikan bandaranya. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here