Terminal Bandara Terbesar di Dunia Segera Beroperasi

Bandara Internasional Abu Dhabi. (dok. wikipedia.org)

Terminal Bandara Internasional Abu Dhabi yang akan menjadi terminal terbesar di dunia segera beroperasi pada Desember 2023. Terminal ini mempunyai luas 742.000 meter persegi.

Diberitakan situs Stuff, pada Jumat (20/10/2023) pada 1 November 2023, Terminal A baru senilai US$3 miliar di Bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA) dibuka bagi maskapai penerbangan pertama dan penumpangnya setelah bertahun-tahun dibangun.

Awalnya terminal ini dijadwalkan dibuka pada tahun 2017, tapi terus mengalami penundaan hingga pandemi Covid melanda. Kini, Direktur Pelaksana dan CEO Sementara Bandara Abu Dhabi Elena Sorlini mengatakan, terminal tersebut siap dioperasikan.

“Terminal A akan mendorong pertumbuhan sektor penerbangan di Abu Dhabi dan memainkan peran penting dalam menyambut lebih banyak bisnis dan wisatawan ke UEA ini selama beberapa dekade mendatang,” katanya.

Baca juga :   Pembangunan Sarpras Penunjang Bandara Dhoho Dipercepat Pemkab Kediri

Menurut laporan blog penerbangan Paddle Your Own Kanoe, Etihad Airways diperkirakan mengoperasikan penerbangan seremonial ke Terminal A pada 31 Oktober 2023, kemudian disusul maskapai lain kemudian.

Bandara Internasional Abu Dhabi mampu memproses 45 juta penumpang per tahun. Jumlah tersebut berarti 11.000 penumpang per jam dan merupakan dua kali lipat kapasitas bandara saat ini, serta tiga kali lipat ukuran terminal sebelumnya.

Kemudian, Bandara Internasional Abu Dhabi mampu memproses 79 pesawat dalam waktu tertentu dan juga mampu memproses 19.200 tas dalam satu jam.

Terdapat juma sembilan jumlah titik kontak bandara biometrik untuk membantu membuat pengalaman di bandara lebih lancar dan mencakup area, seperti penyerahan bagasi swalayan, e-Gates Imigrasi, serta gerbang keberangkatan.

Baca juga :   Kemenhub Terbitkan SE Perjalanan Dalam Negeri dan Luar Negeri

Akan ada juga 29 maskapai yang menggunakan Terminal A, memiliki luas area perbelanjaan sekitar 35.000 meter persegi dan memiliki 163 pemegang konsesi ritel dan gerai makanan, serta minuman.

Terdapat 11.000 relawan yang telah melakukan stress test di bandara selama beberapa hari terakhir dan memiliki 7.500 panel surya yang memberi daya pada pembangkit listrik berkapasitas 3MW yang mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 5.300 ton per tahun.

Di Terminal A Bandara Abu Dhabi terdapat Sana Al Nour, salah satu fitur seni publik dalam ruangan terbesar di Timur Tengah dengan tinggi 22 meter dan lebar 17 meter. B

Komentar