Skema Pengalihan Penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta dan Pondok Cabe

Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Istimewa)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menyiapkan skema pengalihan penerbangan yang akan digunakan apabila Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ditutup.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, penerbangan yang ada di Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke dua bandara, yaitu ke Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Pondok Cabe.

Bandara Sokarno-Hatta di Tangerang akan digunakan untuk mengalihkan penerbangan berjadwal, tidak berjadwal, dan juga kargo dari Bandara Halim Perdanaksuma, yang menggunakan pesawat jet.

“Nantinya untuk penerbangan berjadwal, tidak berjadwal dan kargo yang menggunakan pesawat terbang jet, akan berpindah ke Bandara Soekarno Hatta,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (29/12/2021).

Novie menjelaskan, untuk operasional pesawat terbang non jet atau pesawat propeller akan dipindahkan ke Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan.

Baca juga :   Bandara Komodo Perluas Runway

“Untuk penerbangan berjadwal dari Halim dengan rute yang sudah ada di Bandara Soekarno Hatta, frekuensinya akan dioptimalkan sesuai dengan slot penerbangan yang ada,” katanya.

Sementara itu, Novie menambahkan, untuk rute yang selama ini dilayani dari Bandara Halim Perdanakusuma, tapi belum ada di Bandara Soekarno Hatta, maka Kemenhub akan menerbitkan rute baru melalui aplikasi Angud Online (AOL).

“Kami sudah mengadakan sejumlah pertemuan dengan stakeholders penerbangan terkait perpindahan operasional Bandara Halim Perdanakusuma ini,” tuturnya.

Novie juga menegaskan bahwa AirNav Indonesia selaku pihak navigasi penerbangan telah menyiapkan safety assessment terkait pengalihan operasi penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Demikian juga operator akan menyesuaikan skema pengalihan operasi penerbangan dari Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Pondok Cabe.

“Kami berharap, proses revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma ini dapat berjalan sesuai rencana, tentunya dengan dukungan penuh dari semua pihak,” ungkap Novie.

Baca juga :   Bandara Pekon Serai Berubah Nama Menjadi Bandara Muhammad Taufiq Kiemas

Rencana Bandara Halim akan ditutup per 1 Januari 2022. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Bandara Halim Perdanakusuma ditutup untuk revitalisasi, Fadjar mengatakan, penutupan yang disertai revitalisasi ini adalah perintah langsung Presiden Joko Widodo.

“Bahwa Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup mulai 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden,” jelasnya saat Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).

Kemenhub selaku regulator penerbangan menyatakan bakal Peraturan Presiden (Perpres) yang melandasi pelaksanaan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. Kemenhub menunggu pengesahan Perpres tersebut untuk proses revitalisasi. B