Sembilan Bandara Angkasa Pura Airports Siap Dukung Penyelenggaraan KTT G20

Pintu keluar Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali yang berada dibawah pengelolaan Angkasa Pura Airports. (dok. ap1.co.id)
Bagikan

Angkasa Pura Airports secara resmi membuka operasional Posko Terpadu Monitoring KTT G20 melalui apel pembukaan yang dilaksanakan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Kamis (10/11/2022).

Apel yang dipimpin oleh Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi tersebut turut diikuti secara online oleh delapan bandara kelolaan Angkasa Pura I yang ditetapkan sebagai lokasi penempatan pesawat delegasi KTT G20.

Posko Terpadu Monitoring KTT G20 beroperasi pada tanggal 10-22 November mendatang dan ditujukan untuk memastikan kesiapan infrastruktur, fasilitas, serta layanan di bandara pendukung KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022.

Pada apel pembukaan Posko Terpadu Monitoring KTT G20, Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyatakan kesiapan dalam menyambut KTT G20.

“Angkasa Pura Airports, khususnya Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai gerbang utama bagi para kepala negara dan kepala pemerintahan sangat fokus dengan telah mempersiapkan banyak hal untuk mendukung kelancaran kegiatan KTT G20,” katanya dalam keterangan resmi.

Baca juga :   AP II-LAWA Bahas Kerja Sama Bandara Soekarno-Hatta dan Los Angeles International Airport

Kegiatan itu di antaranya dari sisi infrastruktur bandara, penerapan standar layanan, dan penerapan rekayasa operasional bandara baik di sisi udara dan sisi darat untuk memastikan kelancaran operasional penanganan penerbangan dan delegasi.

“Tak hanya di Bandara I Gusti Ngurah saja, kesiapan operasional pada bandara kelolaan Angkasa Pura Airports lainnya yang menjadi bandara pendukung selama penyelenggaraan KTT G20 menjadi hal utama dalam memberikan pelayanan prima dan memastikan kelancaran operasional terhadap penanganan penerbangan dan delegasi KTT G20,” jelasnya.

Selain Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang berfungsi sebagai bandara utama untuk penempatan pesawat delegasi KTT G20, sebanyak delapan bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports ditetapkan sebagai bandara lokasi penempatan pesawat Very Very Important Person (VVIP) dan pendukung berdasar atas Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 12 Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Baca juga :   Kesiapan Operasional Pelabuhan di Bali Sambut Wisatawan dan KTT G20

Adapun delapan bandara pendukung tersebut adalah Bandara Internasional Lombok, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Untuk mendukung kelancaran penanganan penempatan pesawat VIP dan pesawat pendamping delegasi KTT G20, Angkasa Pura Airports telah menyiapkan sebanyak 66 parking stand pesawat di sembilan bandara tersebut,” ungkap Faik Fahmi.

Parking stand itu terdiri dari 27 parking stand yang diperuntukkan untuk pesawat berbadan lebar (wide body) dan 39 parking stand untuk pesawat berbadan sempit (narrow body).

Khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Angkasa Pura Airports telah menyiapkan sebanyak 16 parking stand pesawat, dengan rincian 13 parking stand untuk pesawat berbadan lebar (wide body) dan tiga parking stand untuk pesawat berbadan sempit (narrow body). B

Komentar

Bagikan