Sandiaga Uno Bakal Kucurkan Dana Hibah Rp3,7 Triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Istimewa)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Uno berencana mengucurkan dana hibah pariwisata senilai Rp3,7 triliun dalam waktu dekat.

“Kita ajukan melalui PEN 2021 untuk dana hibah pariwisata 2021 dengan pagu Rp3,7 triliun. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan kita mulai meluncurkan dana hibah pariwisata,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (10/5/2021).

PEN adalah Pemulihan Ekonomi Nasional, program pemerintah ini untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dan menjadi stimulus pergerakan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Sandiaga menjelaskan, nantinya pemberian dana hibah pariwisata berdasarkan data pajak hotel, pajak resto, dan pajak hiburan tahun 2019.

Baca juga :   Indonesia dan Arab Saudi Bahas Potensi Kerja Sama di Sektor Parekraf

Sementara itu, pajak penghasilan atau pajak pertambahan nilai 2019 untuk usaha biro perjalanan wisata.

“Kami akan terus berkoordinasi mendorong biro perjalanan wisata untuk bersiap dan berkoordinasi juga dengan pemerintah daerah untuk mengaktifkan asosiasi guna memberikan data terkini agar kebijakan ini bisa lebih tersosialisasi dan teredukasi,” tuturnya.

Sandiaga berharap dengan dana hibah pariwisata ini bisa meningkatkan keahlian sumber daya manusia dari pelaku pariwisata ekonomi kreatif dengan realita baru. Jadi, lanjutnya, dapat menjadi pariwisata Nusantara yang berkualitas, dan berkelanjutan.

“Kita terus lakukan persiapan ini dan diharapkan begitu dana hibah kita luncurkan. Kita bisa memastikan tempat sasaran, sehingga para pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata ini dapat meningkatkan skill mereka yang sesuai tema pariwisata,” jelas dia.

Baca juga :   Masyarakat Ikut Perkuat Kualitas Destinasi Songsong Ekonomi Baru Pariwisata

Sandiaga menyatakan bahwa saat ini fokus Kemenparekraf adalah pariwisata Nusantara, dimana potensinya cukup besar di depan mata. Selain itu, Kemenparekraf memastikan program-program andalan tetap berlanjut usai Lebaran 2021.

Program andalan usai Lebaran, dana hibah pariwisata, program PEN untuk berbagai sektor, pogram Gernas Bangga Wisata Indonesia, dan program lainnya yang akan disandingkan dengan public privat partnership.

“Jadi kita akan fokus kepada stimulus untuk menggerakkan ekonomi, membangkitkan dan memulihkan UMKM, dan terpenting meningkatkan produk lokal, dan meningkatkan lapangan kerja seluas-luasnya,” ungkap Sandiaga. B

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here