SAM Air Terbang Tiap Selasa Rute Tual-Larat-Saumlaki dan Rabu Rute Saumlaki-Larat-Tual

Jajaran Bandara Liwur Bunga Larat menyambut penerbangan perintis perdana tahun 2023. (dok. liwurbungalarat)

Bandara Liwur Bunga Larat melayani rute penerbangan Tual-Larat-Saumlaki sebanyak dua kali dalam seminggu dengan menggunakan maskapai SAM Air.

Sebagai salah satu bandar udara (bandara) perintis, bandara yang berada di Pulau Larat yang menjadi bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku dalam melayani kawasan Tertinggal, Terluar, Terdepan dan Perbatasan (3TP).

Kabandara Liwur Bunga Larat Iskandar menyebutkan bahwa ada penyeberangan dari Saumlaki, yakni dengan dua perahu motor yang berkapasitas 20 penumpang dan 50 penumpang.

Kabandara Liwur Bunga Larat Iskandar. (dok. liwurbungalarat)

Namun, perjalanannya relatif lama, demikian juga waktu tempuh antara Saumlaki-Larat jika menggunakan kendaraan mobil sekitar empat jam perjalanan.

“Menggunakan jalur udara, dapat mempersingkat waktu tempuh antara Tual dan Larat dan Saumlaki Penerbangan yang melalui Bandara Liwur Bunga adalah dari SAM Air dengan sebanyak dua kali dalam seminggu, yakni pada Selasa dan Rabu,” jelasnya.

Baca juga :   Fiumicino Airport; Bandara Bintang Lima Anti-Covid Pertama Di Dunia
Saat mengadakan pertemuan di Bandara Liwur Bunga Larat. (dok. liwurbungalarat)

Iskandar menambahkan, keberadaan Bandara Liwur Bunga Larat sangat dibutuhkan masyarakat dan pengguna jasa transportasi udara. Apalagi Pulau Larat yang berbatasan dengan negara Australia ini tidak berhenti melayani masyarakat yang hendak ke Saumlaki dan Tual.

Kini, lanjutnya, rute penerbangan yang melalui Bandara Liwur Bunga belum ada penambahan, karena mobilitas masyarakat juga belum terlalu tinggi akibat pandemi Covid-19.

Bandara yang membuka konektivitas antarpulau di Provinsi Maluku ini berada di lahan seluas 16 hektare ini dengan memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 900 meter x 23 meter. B

Komentar