Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Untuk MotoGP 2022

0
17
Presiden Jokowi saat meninjau kesiapan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok untuk penyelenggaraan MotoGP 2022.

Beberapa fasilitas yang ditinjau di antaranya pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik, Electronic-Health Alert Card (e-HAC), pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.

Setibanya di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/1/2022), Presiden Jokowi meninjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang nantinya digunakan sebagai akses masuk ke Provinsi Nusa Tenggara Barat bagi penonton dan peserta MotoGP Mandalika 2022.

“Tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya urut-urutannya sudah bagus,” ujar presiden.

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto mengatakan, untuk mendukung masuknya penonton ke Lombok, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok pun akan ditambah.

Baca juga :   Gubernur Lampung Arinal Djunaedi : Radin Inten Sangat Strategis

“Untuk masuk dari luar akan ditambah frekuensi penerbangan, baik dari Jakarta, Surabaya, Bali, maupun Makassar. Jadi mudah-mudahan penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022,” jelasnya.

Mendampingi Presiden dalam peninjauan adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, jumlah penonton Moto GP diperkirakan akan lebih banyak dibandingkan dengan saat penyelenggaraan Superbike, yang mencapai lebih dari 60.000 penonton.

“Kami melakukan dua langkah antisipatif, yaitu kedatangan para peserta dan tim official dari luar negeri, serta penonton yang datang baik dari luar

Baca juga :   Penerbangan Internasional Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Sudah Siap

negeri maupun dalam negeri,” ungkapnya dalam Instagram Kamis (13/1/2022).

Penerapan prokes akan kami lakukan secara ketat dengan mekanisme travel bubble untuk mengantisipasi resiko penularan Covid-19.

Sekalipun kepada para pembalap, jika ditemukan positif Covid-19. “Kita akan tegas untuk menyatakan mereka tidak bisa ikut serta.”

Mengenai pesawat berbadan lebar (wide body), Menhub menambahkan, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok siap untuk melakukan perjalanan komuter dari pukul 05.00 pagi sampai dengan pukul 09.00 waktu setempat dari Bali ke Lombok.

Begitu juga dengan bus shuttle yang disiapkan untuk melancarkan mobilitas dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok menuju ke Sirkuit Mandalika.

“Saya berharap pergerakan peserta, official, penonton, dan penanganan kargo bisa ditampung dengan baik di bandara ini,” jelas Menhub. B

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here