Presiden Jokowi meresmikan Bandara Trunojoyo

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo. (Istimewa)
Bagikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo yang berlokasi di Kecamatan Sumenep, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Rabu (20/04/2022).

Bandara ini siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Pulau Madura.

“Saya minta agar bandara ini dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya, dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujar presiden.

Menurut Jokowi, kehadiran bandara ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura, dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar pulau tersebut.

Selain itu, lanjutnya, bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura menjadi satu jam perjalanan dibandingkan dengan kapal yang memerlukan waktu berhari-hari.

Baca juga :   Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 343.104 Penumpang Selama Libur Lebaran

“Saya yakin dengan konektivitas yang semakin baik, mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar, dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh,” jelas presiden.

Bahkan, dia menambahkan, usaha baru juga akan Insya Allah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Di samping itu, Jokowi menyatakan, usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan semakin berkembang dan akan semakin maju.

Kepala Negara juga mendorong agar menjelang Lebaran ini, Bandara Trunojoyo melayani rute penerbangan Surabaya-Sumenep dan rute Jakarta-Sumenep.

“Saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep, maupun dari Jakarta ke Sumenep. Untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya. Menurut saya penuh, Insya Allah penuh,” paparnya.

Baca juga :   Presiden Resmikan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dan Tiga Pelabuhan di Bali

Sebagai informasi, Bandara Trunojoyo dibangun di atas tanah seluas 34 hektare dan memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, dilakukan pengembangan dengan pembangunan gedung seluas 3.600 meter persegi.

Bandara yang dibangun dengan menggunakan APBN ini melayani penerbangan dengan pesawat jenis ATR dengan rute Madura-Surabaya, Madura-Bawean, Madura-Panurungan, Madura-Banyuwangi.

Selain itu, bandara ini juga berpotensi untuk melayani penerbangan dengan rute Madura-Banjarmasin, Madura-Jakarta, dan Madura-Bali. B

 

Komentar

Bagikan