Pentingnya Quality Tourism Untuk Jaga Kepercayaan Wisatawan

Kapal Wisata Bottom Glass. (Istimewa)

Saat ini penting untuk menjaga kepercayaan wisatawan melalui quality tourism atau pariwisata yang berkualitas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, dalam meraih quality tourism diperlukan pariwisata berbasis Sapta Pesona, Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE), dan pelayanan prima.

“Teman-teman ini harus betul-betul memahami bahwa sadar wisata ini kita fokuskan pada sapta pesona, CHSE, dan pelayanan prima. Ini adalah fondasi bagaimana sebuah desa atau daerah bisa meningkatkan quality tourism-nya,” jelasnya saat membuka Kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata di 8 Desa di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara secara online, Selasa (19/04/2022).

Baca juga :   Wujudkan Target 1,4 Juta Wisman Australia Butuh Kolaborasi Stakeholder Parekraf

Menurut Sandiaga, desa wisata menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan. Maka, lanjutnya, diperlukan peningkatan pariwisata yang berkualitas agar menumbuhkan kepercayaan wisatawan.

“Desa wisata menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam, dan menawarkan experience bagi wisatawan dengan menghadirkan keunikan dan ciri khas produk lokal dan atraksi daerah. Ini sejalan juga dengan data Grab bahwa kunjungan wisatawan ke desa wisata pada masa pandemi meningkat hingga 30%,” tuturnys.

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa pertumbuhan desa wisata adalah simbol dari kebangkitan perekonomian Indonesia.

“Tumbuh dan berkembangnya desa wisata akan meningkatkan penghasilan masyarakat baik di lapangan pekerjaan maupun pelaku UMKM, sehingga menjadikan perekonomian Indonesia bangkit,” ujar Sandiaga.

Baca juga :   Kemenparekraf Kaji Ulang Larangan Anak Di Bawah 12 Tahun Masuk Objek Wisata

Turut mendampingi Menparekraf, Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Fransiscus Xaverius Teguh, dan Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf Florida Pardosi.

Pada kesempatan tersebut, Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Fransiscus Xaverius Teguh menyatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan menjaga kepercayaan wisatawan, maka Kemenparekraf menghadirkan program sosialisasi sadar wisata.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi sadar wisata, desa wisata kita akan lebih siap dan mampu menawarkan pengalaman yang holistik. Ini pasti bisa kita peroleh bilamana desa wisata mampu mempertahankan kearifan lokal, nilai budaya, dan sekaligus memperkuat model pelayanan,” tuturnya. B