Penerbangan Perdana Pesawat Jenis Beechcraft Super Kings Air Mendarat di Bandara A.H. Nasution

Bandara Abdul Haris (A.H.) Nasution atau Bandara Mandailing Natal di Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatra Utara. (dok. istimewa)

Sebuah pesawat jenis Beechcraft Super Kings Air dari Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) perdana mendarat mulus rangka Uji Penerbangan (Test Flight Kalibrasi) di Bandara Abdul Haris (A.H.) Nasution.

Bandara yang memiliki nama lain Bandara Bukit Malintang ini berada di Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Smatra Utara (Sumut).

Acara penerbangan perdana ini disambut langsung Wakil Bupati Atika Azmi Utammi didampingi Sekretaris Daerah Alamulhak Daulay, Kapolres Madina, Ketua PN Madina dan anggota Forkopimda beserta sejumlah Kepala OPD dan Camat sekitar bandara.

Setelah acara penyambutan, dilaksanakan ramah tamah yang dimulai dengan sambutan Abdul Rozzak Kepala Bandara UPBU Aek Godang.

Dia mengatakan, seluruh infrastruktur bandara telah selesai 100% dan berharap kerja sama dengan pemerintah daerah agar turut menjaga lokasi ini dan setiap penerbangan terisi minimal 75%.

Baca juga :   Jumlah Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Naik 13,8% Selama Libur Panjang

Sementara itu, Wakil Bupati Atika menjelaskan, test flight kalibrasi berhasil dan

Forkopimda Madina sangat mendukung operasional bandara ini, karena akan mendorong kemajuan daerah.

”Jika saya boleh bercerita, cukup lama rencana Bandara Jenderal Besar A.H. Nasution ini direncanakan dan akhirnya selesai dan perdana di darati pesawat terbang, walaupun daerah ini tidak terisolir di jalur darat, tetapi akses udara menuju ibu kota provinsi sangat jauh lebih dari 10 jam, serta kedepan dapat lebih singkat,” ungkapnya.

Dia optimistis Bandara Jenderal Besar A.H. Nasution ini akan menjadi salah satu bandara yang besar dan beroperasi dengan baik. “Semoga kehadiran bandara ini membawa efek positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.”

Sehari sebelumnya, Doni Romandika, Kepala Satuan Pelayanan Bandar Udara A.H. Nasution menegaskan, keadaan bandara sudah 100% dan pengoperasiannya tinggal menunggu peresmian, menyusul telah selesainya pembangunan bandara.

Baca juga :   Bandara Halim Perdanakusuma Antisipasi Kondisi Normal

Berbagai tahap pra operasional pun sudah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dan Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) salah satunya adalah dengan melakukan tes flight.

Mengenai rute penerbangannya, Kementerian Perhubungan merencanakan tiga rute, yakni Mandailing Natal – Medan, Mandailing Natal – Pekan Baru dan Mandailing Natal – Padang.

Namun, mengenai yang potensial saat ini adalah rute penerbangan Mandailing Natal – Medan, sedangkan dua rute lagi tergantung demand penumpangnya, besar harapan maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat setipe ATR-72 500/600, seperti Citilink, Wings Air dan lain-lain dapat melayani penerbangan dari dan menuju Mandailing Natal. B

 

Komentar