Pemprov NTT Minta Airasia Tambah Rute Baru

bandara El Tari di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). (dok. wikipedia.org)

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) meminta kepada manajemen Indonesia AirAsia untuk dapat menambah atau rute baru untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi berbasis kepulauan itu.

“Adanya rute ini diperkirakan akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTT,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Perhubungan NTT Mahadin Sibarani di Kupang, baru-baru ini.

Hal ini disampaikannya saat konferensi pers peresmian pembukaan perdana rute Denpasar-Kupang oleh maskapai penerbangan AirAsia di Bandara El Tari Kupang.

Dia menambahkan bahwa dengan adanya perkiraan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke NTT, tentunya pemerintah NTT berharap agar maskapai penerbangan tersebut tidak hanya berhenti membuka rutenya ke wilayah Kupang dan Labuan Bajo saja.

Baca juga :   Presdir AirAsia Indonesia Jadi Dirut Pelita Air Service

“Namun, harapan kami ada lagi rute lain, atau jika tidak penambahan jadwal penerbangan ke wilayah-wilayah di NTT salah satunya di Kupang,” ujarnya.

Selain itu, juga diharapkan membuka konektivitas yang pernah ada antara Kupang dan Darwin, Australia yang pernah dibuka oleh Merpati Air beberapa tahun lalu.

Direktur Operasi Indonesia AirAsia Kapten Wuri Septiawan menjelaskan bahwa pembukaan suatu rute penerbangan tidak dilakukan begitu saja, tetapi harus melalui kajian.

“Kami ingat saat buka ke Labuan Bajo, kami tiga bulan sebelumnya sudah ke sana dan ketemu dengan pemerintah daerah setempat serta sosialisasi soal rute tersebut sehingga akhirnya terealisasi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk pembukaan rute Kupang Darwin Australia dan sebaliknya juga ujar dia perlu disosialisasikan terlebih dahulu serta pengkajian terlebih dahulu.

Baca juga :   Wings Air Segera Layani Penerbangan Ke Boven Digoel

Namun, pada dasarnya setelah penerbangan perdana yang dibuka di jam sore hari, pihaknya akan mengubahnya ke penerbangan pagi hari untuk menghubungkan dengan penerbangan pagi ke Perth. “Nanti akan terealisasi pada Januari 2024 jadwal pagi tersebut.” B

Komentar