Citilink Terbang Perdana Makassar-Ampana

0
113
Citilink Terbang Perdana Makassar-Ampana; Foto: Puti Nadhira

Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Citilink Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una melakukan penerbangan perdana dari Makassar-Ampana-Makassar pada Rabu (25/11).

Penerbangan perdana ini ditandai dengan adanya Inaugural First Flight Citilink Indonesia OJU – UPG (PP) di Bandara Tanjung Api-Ampana. Turut hadir pada kegiatan ini Pjs Bupati Kabupaten Tojo Una Una, Ketua DPRD, Kapolres Tojo Una Una, Kajari Tojo Una Una, Kepala Dinas Perhubungan dan seluruh unsur Muspida/Forkopimda Kabupaten Tojo Una Una menyambut kedatangan pax perdana penerbangan.

Pjs Bupati Kabupaten Tojo Una Una Datu Pamusu Tomblotutu mengucapkan terima kasih dengan Kementerian Perhubungan dan Citilink Indonesia yang telah ikut serta membuka kembali penerbangan di Kabupaten Tojo Una Una. “Dengan adanya penerbangan ini, diharapkan juga ikut meningkatkan ekonomi maupun pariwisata di Tojo Una Una. Nantinya bukan hanya Citilink yang masuk, tetapi juga maskapai lain,” ujar Datu saat memberikan sambutan.

Sementara ikut sebagai pax penerbangan perdana yaitu Kepala Kantor OBU Wilayah V Makassar, Kabid. PPBU, Kabid. KAUK, Tim Inspektur dari Otban Wil V Makassar, serta perwakilan pihak maskapai Bahtiar GM Citilink Indonesia Wilayah Makassar.

Kepala Otban Wil V Makassar Baitul Ihwan dalam sambutannya mengapresiasi Pemkab Tojo Una Una telah mensubsidi penerbangan ini serta Citilink Indonesia yang mengoperasikan rute Makassar-Ampana. “Ampana merupakan kawasan yang strategis di Sulawesi Tengah, sayang jika tidak didukung oleh transportasi udara. Dengan adanya Citilink, diharapkan demand penerbangan juga semakin mengingkat,” ujar Baitul.

Sebagai salah satu maskapai yang melayani rute di kawasan Timur Indonesia, Citilink membuka rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar menuju Bandar Udara Tanjung Api Ampana dengan menggunakan pesawat ATR 72-600.

Penerbangan ini untuk sementara beroperasi sekali dalam seminggu di setiap hari Rabu.
“Ini merupakan bentuk lanjutan dari program merambah ke Timur Indonesia oleh Citilink setelah sebelumnya membuka rute penerbangan dari Makassar menuju Baubau, Pomala, Luwu (Palopo), Selayar dan Toraja,” ujar Direktur Utama Citilink Juliandra di Cengkareng saat membuka penerbangan perdana itu.

Kepala Bandara Tanjung Api Ampana Fitrajaya Siwu menceritakan bahwa penerbangan ini merupakan penerbangan pertama setelah hampir dua tahun tidak ada kegiatan penerbangan niaga komersial di bandara tersebut. “Tentu senang dan bangga akhirnya keinginan masyarakat akan penerbangan ke Ampana dapat terpenuhi. Hal ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dan kerjasama dari Kemenhub, Pemkab Tojo Una Una, maupun Citilink,” kata Fitra.

Pembukaan rute penerbangan perdana ini tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat diseluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre, in, hingga post flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Penerapan protokol kesehatan ini untuk dapat memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan bagi seluruh pelanggan. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here