Bandara Maimun Saleh Sabang Akan Diaktifkan

Bandara Maimun Saleh, Sabang. (Bandara)
Bagikan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk mengaktifkan kembali Bandara Maimun Saleh Sabang.

Menurut Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Uno, Bandara Maimun Saleh ini dulu melayani jalur Kualanamu-Sabang, tapi beberapa tahun terakhir tidak lagi beroperasi.

“Saya akan berkoordinasi agar rute Kualanamu-Sabang ini bisa dibuka kembali, tujuannya untuk membangkitkan pariwisata dan tentunya menghidupkan ekonomi kreatif kita,” ungkap Sandiaga saat kunjungan ke Kota Sabang, Sabtu (1/5/2021).

Bandara Maimun Saleh adalah bandar udara yang terletak di Kota Sabang, Provinsi Aceh. Sama seperti Lanudal Juanda Surabaya dan Lanudal Eltari Kupang, lapangan terbang ini merupakan fasilitas militer TNI Angkatan Laut TNI-AL.

Baca juga :   Bandara Maimun Saleh Sabang Potensial Menggerakkan Ekonomi Daerah

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, untuk selanjutnya usai dibuka kembali Bandara Maimun Saleh, maka akan dapat menghadirkan investor, baik domestik maupun mancanegara guna menyokong pembangunan di Kota Sabang.

Merujuk hal tersebut, Menparekraf akan berkoordinasi dengan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) untuk mengajak para investor menghadirkan beragam fasilitas di kawasan Sabang.

Sementara itu, Sandiaga juga melakukan kunjungan kerja ke KM 0 dan keliling untuk melihat potensi wisata Sabang. “Hari ini secara resmi saya menginjakkan kaki di kilometer 0 dan mendapat sertifikat, tanda, sebagai bukti kunjungan ke-240.000 dari sisi wilayah terbarat di Indonesia.”

Saat ini, jumlah kunjungan ke KM 0 Sabang baru sebanyak 240.000 kunjungan merupakan jumlah yang kecil apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

Baca juga :   Bandara Sentani Sambut Pon XX

Oleh karena itu, Sandiaga Uno mengajak masyarakat, terutama wisatawan nusantara untuk berwisata ke wilayah Sabang. B

Komentar

Bagikan