Bandara Banggai Laut Segera Diresmikan untuk Tingkatkan Konektivitas di Sulteng

Bandara Banggai Laut yang berlokasi di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. (dok. hubud.dephub.go.id)

Kabar baik bagi masyarakat di Kabupaten Banggai Laut bahwa Bandara Banggai Laut segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini tentunya menjadi salah satu langkah penting dalam pembangunan infrastruktur dan konektivitas transportasi udara di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pembangunan Bandara Banggai Laut telah dimulai sejak tahun 2019 dan akan mulai beroperasi pada triwulan ketiga tahun 2024.

Bandara yang berlokasi di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulteng ini akan menjadi pusat konektivitas vital bagi pengembangan ekonomi, pariwisata dan pertumbuhan wilayah.

Saat ini, masih dalam tahap awal, dengan panjang landasna pacu (runway) 1.200 meter x 30 meter yang hanya dapat didarati oleh pesawat Grand Caravan atau ATR72 Terbatas.

Baca juga :   Ternyata Hanya Ada Lima Bandara yang Rutin Lakukan Penerbangan Internasional

“Rencananya akan dapat didarati oleh pesawat berjenis ATR72, sehingga mampu meningkatkan mobilitas dan konektivitas udara di wilayah ini,” kata Kepala Bandara Syukuran Aminuddin Luwuk yang juga Satuan Pelayanan (Satpel) Bandara Banggai Laut Nurul Anwar dalam situs hubud.dephub.go.id.

Terminal bandara terdata seluas 1.400 meter persegi diproyeksikan untuk mampu menampung hingga 39.000 penumpang per tahun, untuk memberikan layanan yang nyaman dan efisien bagi para pengguna jasa transportasi udara, khususnya bagi warga Banggai Laut dan sekitarnya.

“Kehadiran Bandara Banggai Laut merupakan bukti komitmen pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur dan konektivitas di seluruh Indonesia, serta memberikan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Baca juga :   Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Layani Penerbangan Domestik dan Internasional

Sejumlah infrastruktur bandara di Pulau Sulawesi, seperti Bandara Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno, Bandara Bolaang Mongondow dan Bandara Pohuwato, rencananya diresmikan secara serentak oleh Presiden Jokowi, yang terpusat di Bandara Mutiara Sayyid Idrus bin Salim (SIS) Al-Jufri di Palu. B

Komentar