Angkasa Pura Airports Siapkan Sentra Vaksinasi Covid-19 Di Seluruh Bandara

Proses vaksinasi. (Ilustrasi)

Angkasa Pura Airports menyiapkan sentra vaksinasi Covid-19 di seluruh bandara kelolaan mulai 5 Juli 2021.

Kebijakan ini merupakan bentuk dukungan perusahaan untuk mewujudkan target satu juta vaksin per hari pada Juli dan dua juta vaksin per hari pada Agustus, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin), 30 Juni lalu.

“Angkasa Pura Airports mendukung target pemerintah dalam mewujudkan target vaksin dengan menyediakan sentra vaksinasi di 15 bandara kelolaan,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi dalam keterangan pers PT Angkasa Pura I (Persero), Minggu (4/7/2021).

Dia berharap dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khusus calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin, sehingga herd immunity berdasarkan vaksin dapat terwujud.

Baca juga :   Bandara Muara Bungo; Bangun Optimisme Di Tengah Pandemi

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini, lanjut Faik Fahmi, juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali untuk perjalanan udara dalam negeri harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR.

Penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura Airports ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setiap bandara, Dinas Kesehatan setempat, TNI, Polri, dan komunitas bandara lainnya.

KKP dan Dinas Kesehatan setempat bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang menyediakan tenaga kesehatan dan vaksin.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan setiap bandara, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya yang terlibat dalam penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura Airports dapat tersedia,” tuturnya.

Baca juga :   Bandara Aminggaru Ilaga Jadi Gerbang Utama Transportasi

Faik Fahmi menambahkan, dengan kolaborasi yang baik diharapkan pelayanan vaksinasi kepada calon penumpang dapat berjalan lancar dan dapat mempercepat  peningkatan presentase total populasi yang divaksinasi. I