Anggota DPD Alirman Sori Lakukan Acara Adat Mangaku Induak

Foto bersama dalam prosesi acara Adat Mangaku Induak di Sulit Air, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. (dok. bandara)

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Alirman Sori beserta istri Nira Alirman Sori melakukan upacara Adat Mangaku Induak dalam Keluarga Besar Almarhum Erni Zarkasyi Nurdin Amir Suku Limo Panjang Data Dibawah Payung Datuk Pono Kayo dan Keluarga Zarkasyi Nurdin Dibawah Payung Datuk Podo Gamuk.

Acara adat tersebut dilakukan Alirman yang kelahiran Gurun Panjang Pesisir Selatan, Sumatra Barat ini bersama para ninik mamak di Sulit Air, Kabupaten Solok, Sumatra Barat pada Selasa-Rabu, 12-13 Juli 2022.

Prosesi acara Adat Mangaku Induak di Sulit Air, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. (dok. bandara)

Lulusan Lemhannas Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 ini beserta istri mengikuti prosesi adat pada pagi harinya di rumah keluarga Nurdin.

Secara berurutan dengan dimulai dari Nira Alirman Sori, sang istri menjalani prosesi Mangaku Induak di rumah Keluarga Zarkasyi Nurdin, kemudian Alirman Sori melakukan prosesi serupa dan mendapatkan gelar Sutan Bandaro Kayo.

Baca juga :   Destinasi Wisata dan Sentra Ekonomi Kreatif Ditutup Sementara

Selanjutnya usai Maghrib, prosesi adat atau Malewakan Mangaku Induak Alirman Sori dilakukan di Rumah Gadang Limo Panjang Data, dibawah payung Kaum Datuk Pono Kayo.

Bapak-bapak tengah membantu memasak sajian dalam acara Adat Mangaku Induak. (dok. bandara)

Kemudian, acara untuk pria pemilik filosofi hidup “Jadilah Insan yang Berguna untuk Orang Lain”, yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Gebu Minang (2016-2022) ini dilanjutkan dengan mengantar ke Rumah Godang Limo Singkek Sojik.

Selain itu, pada pukul 20.00 WIB diadakan acara adat Mangaku Induak Nira Alirman Sori di rumah Dodang/Kaum Datuk Podo Gomuk dan dilanjutkan dengan Wirid Bulanan Kaum Lima Singkek Sulit Air. B

Komentar