AirNav Miliki Training Center Guna Cetak SDM Navigasi Penerbangan

Sumber daya manusia bidang navigasi penerbangan di AirNav Indonesia. (dok. airnavindonesia.co.id)
Bagikan

AirNav Indonesia (AirNav) mengukir sejarah dalam kontribusinya menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) navigasi penerbangan berkualitas tinggi dengan diresmikannya AirNav Training Center di Kantor Pusat AirNav, Tangerang.

Menurut Direktur SDM dan Umum AirNav Indonesia Bagus Sunjoyo, AirNav akhirnya memiliki Training Center yang dapat secara resmi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan secara mandiri untuk meningkatkan kompetensi personil navigasi penerbangan.

“Hari ini merupakan momen bersejarah setelah perjuangan panjang penerbitan sertifikasi 143. Atas nama perusahaan, saya haturkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung program ini, khususnya kepada Direktur Navigasi Penerbangan beserta jajaran yang telah memfasilitasi pengajuan penerbitan sertifikasi 143 untuk Training Center,” katanya, Senin (11/7/2022).

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan (DNP Kemenhub) Capt. Sigit Hani Hadiyanto.

Baca juga :   Industri Penerbangan Indonesia Pulih Minimal Pada Oktober 2022

Bagus menjelaskan, Training Center ini merupakan upaya AirNav dalam memberdayakan seluruh sumber daya internal untuk mengembangkan kapasitas Perusahaan sebagai bentuk kontribusinya pada kemajuan sektor penerbangan di Indonesia, khususnya di bidang kenavigasian.

“Dengan adanya sertifikat 143, AirNav dapat menyelenggarakan sejumlah pendidikan dan pelatihan dengan tenaga pengajar internal, sehingga aspek efisiensi, baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya juga dapat ditingkatkan dengan tetap mempertahankan kualitas produk diklat,” tuturnya.

Bagus menyatakan bahwa hal ini merupakan langkah awal yang penting bagi AirNav untuk mewujudkan SDM yang profesional dan berdaya saing global.

Ke depan, lanjutnya, masih banyak target yang harus dicapai dengan berbagai tantangan unik yang harus kita hadapi bersama untuk mewujudkan AirNav Indonesia yang gemilang.

Kegiatan peresmian AirNav Training Center hari ini juga dirangkaikan dengan pembukaan Diklat Basic Safety Management System (SMS) Batch 1, yang juga merupakan diklat pertama yang diselenggarakan oleh AirNav melalui Training Center.

Diklat ini diikuti oleh total 24 peserta dari lingkup internal perusahaan yang bertugas sebagai Aeronautical Communication Officer (ACO).

Baca juga :   Ganjil-Genap Jalan Nasional dan Tol Saat Nataru Berlaku Situasional

“Tenaga pengajarnya juga merupakan karyawan AirNav bersertifikat Instruktur, yang berasal dari kantor pusat dan kantor cabang Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC),” ungkap Bagus.

Diklat selama lima hari ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pemahaman tentang fungsi, peran, dan pentingnya penerapan SMS, sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Bagus menegaskan, dengan mempertimbangkan optimalisasi sumber daya, baik tenaga ahli atau pengajar maupun fasilitas, diberharapkan lebih banyak lagi approved training yang dapat diselenggarakan oleh AirNav Training Center, terutama continuation training dan developmental training. B


Bagikan