Wujudkan Pemimpin Transformasional dengan Kemenhub Selenggarakan Diklat Pembangunan Karakter

Pembukaan Diklat Pembangunan Karakter Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP). (dok. bpsdmp)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan menyelenggarakan Diklat Pembangunan Karakter Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan Wisnu Handoko di Balai Pendidikan dan Pelatihan Pembangunan Karakter SDM Transportasi (BP3KSDMT) Bandung pada Senin (1/7/2024).

Pada kesempatan ini, dia menyatakan, pentingnya kepemimpinan transformasional untuk mengatasi tantangan sumber daya di instansi pemerintahan dalam mencapai tujuan pengabdian serta sumbangsihnya kepada organisasi, terutama dalam cara bekerja yang efektif, efisien, ekonomis dan produktif.

“Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh instansi pemerintahan adalah kurangnya sumber daya yang memadai untuk mengimplementasikan program – program pemerintah,” katanya.

Dengan demikian, diperlukan sebuah kepemimpinan yang mampu mengatasi permasalahan ini dengan cara yang berbeda dan inilah yang disebut dengan kepemimpinan transformasional.

Baca juga :   Sebanyak 46 Auditor International Safety Management Code Kembali Direvalidasi

Lebih lanjut dia menjelaskan, Diklat ini bertujuan untuk membekali para calon pemimpin pengawas dengan kemampuan dalam penerapan gaya kepemimpinan yang efektif dan fleksibel sesuai dengan situasi yang dihadapi, karena kepemimpinan merupakan inti manajemen yang merupakan penggerak bagi sumber daya dan segala fungsi manajemen, serta alat lainnya.

“Dalam rangka mempersoalkan gaya – gaya kepemimpinan hendaknya jangan beranggapan bahwa seorang individu dapat atau harus mempertahankan gaya konsisten dalam semua aktivitasnya. Justru sebaliknya, harus bersifat se-fleksibel mungkin dan menyesuaikan gayanya dengan situasi spesifik,” jelasnya.

Pada akhir sambutannya, Wisnu menyampaikan harapan bagi para peserta dan apresiasi kepada para fasilitator, pelatih, narasumber dan seluruh tim penyelenggara atas dedikasi mereka dalam pelaksanaan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui diklat ini.

Baca juga :   Kota Bekasi Punya Perpustakaan yang Berbasis Inklusi Sosial

“Saya berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pengajar dan tidak lupa pula saya sampaikan kepada para fasilitator, pelatih, narasumber dan elemen penyelenggara atas dedikasinya dalam pelaksanaan peningkatan SDM melalui diklat ini,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP3KSDMT Bandung Mafrisal mengatakan, kegiatan Diklat Pembangunan Karakter PKP ini diikuti peserta sebanyak 80 orang yang terdiri dari PKP angkatan 97 berjumlah 40 orang dan angkatan 98 berjumlah 40 orang.

“Diklat dengan jumlah 80 peserta ini dilaksanakan selama lima hari pada tanggal 1 – 5 Juli 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam memenuhi standar kompetensi manajerial pengawas meliputi moral, dedikasi dan loyalitas terhadap tugas organisasi,” ungkapnya. B

 

Komentar