UMKM JUARA Resmi Hadir di Kota Bekasi

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menghadiri, sekaligus membuka UMKM JUARA Kota Bekasi di Pendopo Kantor Wali Kota pada Jumat (26/5/2023). (dok. humaskotabekasi)

Selepas lakukan Senam Sparko di Plaza Kantor Pemerintah Kota Bekasi Jl. Jend A. Yani bersama para jajaran, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menghadiri, sekaligus membuka UMKM JUARA Kota Bekasi di Pendopo Kantor Wali Kota pada Jumat (26/5/2023).

UMKM JUARA adalah program yang digagas Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Bank BJB untuk mengidentifikasi, memfasilitasi, menguatkan, dan mengembangkan produk-produk UMKM di seluruh Jawa Barat, serta mengakomodir kebutuhan pengembangan UMKM.

Bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bekasi tentunya dapat bergabung ke dalam program tersebut untuk mendapatkan proses pendampingan selama enam bulan berlokasi di Kabupaten/Kota masing-masing peserta.

Baca juga :   Kemenparekraf Dukung Pengolahan Limbah Sungai Jadi Produk Ekraf

“Setelahnya akan dilanjutkan dengan temu bisnis, pameran tingkat provinsi, pameran antar provinsi, wisuda UMKM Juara dan pameran luar negeri,” kata Tri.

Adapun jenis-jenis bidang UMKM yang dapat tergabung adalah Aksesoris, Batik, Bordir, Craft, Dekorasi, Fashion, Industri, Jasa, Konveksi, Kuliner, Makanan, Minuman, Mebel, Obat-Obatan, Agribisnis, Garmen, dan lain-lain.

Plt. Wali Kota Bekasi mendukung penuh dan mengapresiasi hadirnya program UMKM JUARA, sehingga para Pelaku UMKM di Kota Bekasi bisa bangkit.

“Tentunya saya sangat mengapresiasi atas hadirnya program UMKM JUARA di Kota Bekasi. Harapannya agar para pelaku UMKM di Kota Bekasi dapat berkembang maju dan pesat, sehingga dapat mewujudkan ekonomi kreatif skala tingkat nasional bahkan internasional,” jelasnya.

Baca juga :   Kemenparekraf Luncurkan Website Hasil Kajian Strategis Parekraf

Tri menambahkan, melalui program ini, para pelaku UMKM dapat meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memeroleh keuntungan yang lebih besar.

Dengan adanya program UMKM JUARA para pelaku UMKM akan mendapatkan penguatan diri dan manajemen usaha dengan memanfaatkan teknologi dalam berbisnis.

“Para Pelaku UMKM penting untuk memiliki karakteristik entrepreneur yang harus selaras dengan kemampuan dalam menangani usaha, jadi di era serba canggih sekarang ini, manfaatkanlah teknologi informasi untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dan memasarkannya secara massive dan punya cara yang unik ke khalayak luas, sehingga menghasilkan produk-produk unggulan yang kreatif, dan omset pun meningkat,” tuturnya. B

 

Komentar