Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Jadi Lokasi Kedatangan PMI

Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Provinsi Jawa Barat. (Istimewa)
Bagikan

Bandara Soekarno-Hatta Tangerang akan menyiapkan Terminal 2F untuk dikonsentrasikan melayani kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri.

Menurut President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, keberadaan Terminal 2F di Bandara Soekarno-Hatta untuk pintu kepulangan PMI akan meringankan beban Terminal 3.

“Sesuai arahan Menhub, Terminal 2F akan kami siapkan untuk menyambut kepulangan PMI dan meringankan beban Terminal 3. Jadi, protokol kesehatan dan proses kedatangan internasional dapat dijalankan dengan baik,” ujarnya dalam keterangan perusahaan.

Sejalan dengan hal tersebut, Awaluddin menambahkan, standar pelayanan bagi PMI dan seluruh penumpang pesawat juga dapat ditingkatkan.

Dia menuturkan, Terminal 2F di Bandara Soekarno-Hatta juga sudah dibuka untuk melayani kedatangan penerbangan Malindo Air dengan rute Kuala Lumpur-Jakarta.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Mou Bisnis Logistik Dengan Pos Indonesia

“Secara umum, Terminal 2F sudah siap dikonsentrasikan untuk melayani kepulangan PMI ke Tanah Air,” ungkap Awaluddin.

Fasilitas di Terminal 2F untuk menerima kedatangan internasional sudah siap, antara lain holding bay, lalu titik check point untuk validasi dokumen kesehatan oleh personel KKP Kementerian Kesehatan, kemudian bilik untuk tes PCR, fasilitas keimigrasian serta Bea dan Cukai, dan juga transportasi untuk menuju lokasi karantina.

Awaluddin menjelaskan, sebagai pintu utama Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta sejak awal pandemi telah beroperasi secara tangguh dan cepat beradaptasi sehingga dapat selalu melakukan penyesuaian di tengah dinamisnya kondisi di tengah pandemi.

“Angkasa Pura II terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder guna memastikan regulasi di tengah pandemi dapat berjalan baik,” tuturnya. B

Baca juga :   Prosedur Baru Kedatangan Luar Negeri di Bandara Soekarno-Hatta

 

Komentar

Bagikan