Super Air Jet Akan Buka Lima Rute dari Bandara Internasional Dhoho

Pesawat maskapai penerbangan Super Air Jet. (dok. instagram@superairjet).

Menjelang operasional Bandara Internasional Dhoho, Kediri yang semakin dekat, berbagai aspek terus disiapkan, termasuk maskapai yang akan singgah.

Saat ini, tercatat ada dua maskapai yang mengantongi izin terbang di Bandara Internasional Dhoho, yakni maskapai Super Air Jet dan Batik Air yang sudah siap untuk membuka rute penerbangan dari Bandara Dhoho.

Sebanyak dua maskapai tersebut telah mengantongi izin terbang dari Kementerian Perhubungan untuk membuka penerbangan dari dan menuju bandara di Kabupaten Kediri, Jawa Barat ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, maskapai Super Air Jet nantinya membuka lima rute penerbangan di Bandara Internasional Dhoho, sedangkan maskapaqi Batik Air, masih tiga rute yang sudah memperoleh persetujuan dari Kementerian Perhubungan.

Baca juga :   Runway Bandara Komodo Siap Untuk Terbang Pesawat Berbadan Lebar

Persetujuan penerbangan untuk Super Air Jet ada lima rute dari dan ke Bandara Dhoho dan untuk maskapai Batik Air sudah keluar tiga persetujuan rute.

Sebelumnya, Bandara Internasional Dhoho memang membuka lima rute penerbangan domestik sebagai awal operasionalnya, di antaranya Kediri – Denpasar, Kediri – Jakarta, Kediri – Batam, Kediri – Banjarmasin, dan Kediri – Balikpapan.

Mengenai maskapai yang akan membuka rute penerbangan di Bandara Dhoho, rencananya ada lima maskapai, termasuk maskapai Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink.

Namun hingga kini, tiga maskapai tersebut masih belum memiliki izin terbang di Bandara Internasional Dhoho dari Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, terkait dengan dua maskapai yang telah mengantongi izin terbang, keduanya masih belum bisa beroperasi dalam waktu dekat, karena sertifikat sementara Bandara Dhoho yang belum juga turun dari Kementerian Perhubungan.

Baca juga :   Ada Enam Bandara Angkasa Pura Airports Siap Dukung Kelancaran Angkutan Haji 2023

Di lain sisi, jadwal operasional Bandara Internasional Dhoho akan dilaksanakan pada Jumat (29/12/2023), sedangkan untuk peresmian Bandara Dhoho akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi atau Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Januari 2024.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri terus mengebut pembangunan sarana dan prasarana pendukung bandara.

Hingga kini, setidaknya sudah ada dua pekerjaan rumah yang telah diselesaikan Pemkab Kediri, yakni penambahan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Desa Tiron dan penambahan rambu lalu lintas. B

 

Komentar