Seluruh Bandara PT AP I Sudah Siapkan Layanan Tes GeNose

Pelaksanaan tes GeNose di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. (Istimewa)

Kini seluruh bandar udara (bandara) dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) telah dilengkapi layanan tes GeNose C-19 sebagai syarat bepergian naik pesawat, dengan jam operasional beragam di setiap bandara.

Pada tahap awal, layanan tes GeNose C-19 di bandara yang dikelola Angkasa Pura I diberlakukan di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya per 1 April 2021.

Saat ini, semua bandara Angkasa Pura I (AP I) juga melakukan implementasi alat tes GeNose ini secara bertahap sejak pertengahan hingga akhir April lalu.

“Layanan GeNose C-19 yang telah diimplementasikan di seluruh bandara Angkasa Pura I semakin melengkapi layanan tes Covid-19 di bandara selain rapid test antigen sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan udara,” ujar Direktur Utama PT AP I (Persero) Faik Fahmi, dikutip pada Rabu (5/5/2021).

Baca juga :   AP II dan Telkomsel Kolaborasi Perluas Akses Layanan 5G di Bandara Soekarno-Hatta

Dia berharap dengan adanya berbagai pilihan layanan tes Covid-19 tersebut semakin memudahkan calon penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Pada April 2021, total terdapat 42.123 calon penumpang yang menggunakan layanan GeNose C-19. Di bandara-bandara AP I.

Jumlah tersebut menempati porsi rata-rata 7% dari total penumpang berangkat yang berjumlah 612.825 orang.

Adapun jumlah calon penumpang pengguna GeNose C-19 terbanyak terdapat di Bandara Juanda Surabaya, yaitu 12.857 calon penumpang atau sebesar 5% dari jumlah penumpang berangkat sebanyak 256.689 penumpang.

Sementara itu, jumlah pengguna GeNose C-19 tertinggi kedua terdapat di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, yaitu sebanyak 11.399 calon penumpang atau sebesar 16% dari jumlah penumpang berangkat sebanyak 70.848 penumpang.

Baca juga :   Menhub Beri Apresiasi Kinerja AirNav Indonesia

Dalam memberikan layanan GeNose C-19 di 15 bandara, AP I menyediakan sebanyak 72 mesin GeNose C-19. Harga layanan GeNose C-19 di bandara – bandara AP I sebesar Rp40.000. B

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here