Rute Penerbangan Jember-Sumenep Dibuka Lagi Januari 2023

Bandara Notohadinegoro, Jember di Provinsi Jawa Timur. (dok. istimewa)

Rute penerbangan dari Bandar Udara Notohadinegoro, Jember menuju Bandar Udara Trunojoyo, Sumenep yang tadinya ditutup sudah kembali dibuka.

Rencananya, kata Kepala Dinas Perhubungan Jember Agus Wijaya, rute ini dilayani maskapai Susi Air dan dimulai pada 10 Januari 2023.

“Awal tahun ini akan ada penerbangan rute Jember-Sumenep dengan maskapai Susi Air,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (1/1/2023).

Menurut Agus, jenis pesawat yang digunakan sama dengan rute penerbangan Jember-Surabaya, yakni Grand Caravan dengan kapasitas penumpang sebanyak 12 orang.

“Jadwal penerbangan rute Jember-Sumenep atau sebaliknya Sumenep-Jember seminggu sekali pada hari Selasa. Mudah-mudahan peminatnya cukup banyak, karena harga tiketnya mendapat subsidi dari Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Baca juga :   Kepulangan Jemaah Haji Melalui Bandara AP II Berlangsung Lancar

Adapun jadwal penerbangan rute Sumenep-Jember di Bandara Trunojoyo adalah setiap Selasa per pekanya pukul 12.04 WIB dan tiba d Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 12.44 WIB, dengan harga tiket Rp247.000 per orang.

Sementara, dari Bandara Notohadinegoro dengan rute Jember-Sumenep berangkat pada pukul 12.54 WIB dan tiba di Bandara Trunojoyo pada pukul 13.34 WIB dengan harga tiket Rp242.000 per orang.

“Mudah-mudahan dengan tambahan penerbangan Jember-Sumenep, Bandara Notohadinegoro bisa semakin ramai dan mendongkrak sektor perekonomian di Kabupaten Jember,” katanya.

Agus berharap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lintas sektor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember mendukung upaya Dinas Perhubungan (Dishub) Jember untuk membangkitkan kembali bandara yang berada di Kecamatan Ajung.

Baca juga :   Bandara Kertajati Layani Penerbangan ke Kuala Lumpur Mulai 17 Mei 2023

“Kami berharap semua lintas sektor membantu untuk menghidupkan Bandara Notohadinegoro, sehingga kalau ada perjalanan dinas atau kegiatan ke Sumenep bisa menggunakan pesawat Grand Caravan,” tuturnya.

Sebelumnya, Maskapai Susi Air dengan menggunakan jenis pesawat Grand Caravan pernah melakukan penerbangan perdana dengan rute Jember-Sumenep di Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember pada 2 Mei 2015 dengan jadwal penerbangan sepekan sekali pada Sabtu. B

 

Komentar