PTDI Berhasil Kirim Lagi Pesawat NC212i Untuk TNI Angkatan Udara

0
26
Pesawat terbang pesanan Kementerian Pertahanan untuk TNI Angkatan Udara. (Istimewa)

PT Dirgantara Indonesia (Persero) kembali kirimkan satu unit pesawat terbang NC212i Troop Transport pesanan Kementerian Pertahanan untuk end user TNI Angkatan Udara.

Pesawat tersebut telah berhasil lepas landas dari Hanggar Delivery Center PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Bandung menuju Skadron Udara 4, Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro didampingi Direktur Niaga, Teknologi & Pengembangan PTDI Gita Amperiawan dan Direktur Produksi PTDI, Batara Silaban meninjau persiapan dan melepas ferry flight pesawat terbang NC212i tersebut untuk kemudian dioperasikan oleh Skadron Udara 4.

Alhamdulillah kita bisa mengirimkan lagi satu pesawat NC212i untuk dioperasikan TNI Angkatan Udara,” kata Elfien dalam rilis perusahaan.

Baca juga :   Maskapai Penerbangan Asing Tak Bakal Bebas Mendarat di Indonesia

Dia menjelaskan, pesawat kedua dengan konfigurasi Troop Transport ini diharapkan dapat membantu pemenuhan tugas dan operasi TNI AU, khususnya dalam keterlibatannya menjaga wilayah NKRI di situasi pandemi seperti ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan RI dan TNI AU atas kepercayaan yang diberikan ke PTDI untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan matra udaranya,” ujar Elfien.

Pesawat dengan tail number AX-2127 ini merupakan pesawat NC212i kedua yang telah dikirimkan PTDI dari kontrak pengadaan sebanyak sembilan unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan untuk end user TNI Angkatan Udara, pesawat sebelumnya dikirimkan pada 26 Januari 2021, sedangkan untuk pesawat ketiga rencananya diselesaikan dan dikirimkan pada akhir tahun 2021.

Sesuai dengan kesepakatan kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI, sebanyak empat unit pesawat adalah dengan konfigurasi Troop Transport, empat unit lainnya dengan konfigurasi Rain Making, dan satu unit sisanya dengan konfigurasi Navigation Training.

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Baca juga :   Maskapai SAJ Siap Layani Penerbangan Komersial

Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i dan hingga kini terhitung sebanyak 118 unit pesawat NC212i series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 602 unit populasi pesawat NC212 series di dunia. B


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here