Presiden Jokowi Resmikan Bandara Ngloram di Cepu

Presiden Jokowi meresmikan Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (17/12/2021). (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara (Bandara) Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (17/12/2021) dengan pemukulan kentongan.

“Dengan mengucap Bismillahhirrohmannirrohim pada pagi hari ini Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah secara resmi saya resmikan,” ujar presiden.

Jokowi mengapresiasi arsitektur Bandara Ngloram yang tergolong unik dengan desain hutan jati.

Menurutnya, bandara didesain seperti kita dibawah hutan jati, karena memang Blora terkenal dengan hutan jati. “Sangat bagus, kita harapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Blora dan sekitarnya,” kata presiden.

Jokowi juga menjelaskan bahwa terminal penumpang cukup besar dan bisa menampung sebanyak 210.000 penumpang per tahun.

Baca juga :   Skor ASQ Bandara Angkasa Pura I Naik di Triwulan Kedua 2021

Presiden berharap keberadaan Bandara Ngloram bisa mempercepat aktivitas ekonomi antarkabupaten di Jawa Tengah dan Jawa timur. Sebab, lanjutnya, bandara ini berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Bojonegoro di Provinsi Jawa Timur.

“Kita harapkan aktivitas semakin baik investasi akan masuk ke Cepu, semakin banyak distribusi barang dari daerah, semakin baik mobilitas antarprovinsi, pulau, kabupaten bisa kita tingkatkan,” tuturnya.

Presiden Jokowi menyambut baik adanya penerbangan di Bandara Ngloram dan kedepan tidak menutup kemungkinan akan ada perluasan landasan pacu jika banyak pengguna jasa moda transportasi udara yang melakukan penerbangan di bandara ini.

“Tadi Pak Menteri menyampaikan bahwa satu minggu sekali ada penerbangan dua kali dan selalu penuh. Kita harapkan nanti apabila penuh terus dan runway 1.500 meter tidak cukup, akan kita perpanjang lagi jadi 2.000 meter,” jelasnya.

Baca juga :   Bandara Silampari Layani Empat Provinsi

Sementara itu, Mentri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa kedepan untuk menunjang keberadaan Bandara Ngloram akan dibangun stasiun kereta api.

“Nanti ke depan kita bangun stasiun kereta api. Ini agar masyarakat dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan mana-mana menggunakan transportasi ini untuk naik pesawat di Bandara Ngloram,” ungkapnya. B