Poltekbang Palembang; Kontribusi Terhadap Penerbangan

0
101
I Gusti Agung Ayu Mas Oka, Yanti Daryanti, Rinto Astutik, Ganda Rusmana & Catra Indra Cahyadi.

majalahbandara.com – Salah satu kontribusi Politeknik Penerbangan Palembang sebagai lembaga pendidikan Vokasi di Bidang Penerbangan adalah dengan menghasilkan lulusan yang kompeten, prima, profesional, serta beretika sesuai standar nasional maupun internasional.

Direktur Poltekbang Palembang I Gusti Agung Ayu Mas Oka mengatakan bahwa taruna – taruni Poltekbang Palembang dididik agar siap kerja dan dapat menjadi ahli di bidang penerbangan, khususnya di tiga program studi yang ditawarkan yaitu Prodi Diploma III Manajemen Bandar Udara (MBU), Prodi Diploma III Penyelamatan Pemadaman Kebakaran Penerbangan (PPKP), dan Prodi Diploma IV Teknologi Rekayasa Bandar Udara (TRBU).

“Kami ingin mencetak taruna-taruni yang sadar akan keselamatan, terutama pada hal-hal yang dapat dihindari seperti human error atau hal yang sering diabaikan,” ujar Direktur Poltekbang Ayu didampingi oleh Kabag Keuangan, Umum dan Kerjasama Rinto Astutik.

Maka dari itu, Poltekbang Palembang semaksimal mungkin membekali para anak didiknya bukan hanya dengan materi teori maupun praktik. Selain itu, Poltekbang Palembang juga melakukan diklat ke komunitas bandara tentang keselamatan dan keamanan, seperti meningkatkan security awareness kepada ground handling.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah Poltekbang Palembang tetap ikut terlibat pada teknologi maupun perkembangan penerbangan yang terbaru. Karena tuntutan jaman yang bergerak cepat, kita juga jangan sampai tertinggal,” lanjut Ayu.

Saat ini, Poltekbang Palembang memiliki sekitar 120 taruna yang dibagi menjadi Prodi MBU dua kelas, Prodi PPKP satu kelas, dan Prodi TRBU dua kelas. Sementara itu, ada 10 dosen tetap dan sembilan tenaga pengajar non dosen yang ahli dibidangnya sebagai tenaga pendidik.

Berbagai fasilitas disiapkan untuk menunjang kegiatan pendidikan, seperti lab terpadu
mock-up pesawat, laboratorium TBU, fire station PPKP, poliklinik, dan asrama.
Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Politeknik Penerbangan Palembang telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 dari British Standard Institute untuk institusi pelatihan. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here