Penerbangan Maskapai Vistara Rute New Delhi – Denpasar Perkuat Kunjungan Wisman India

Saat peresmian penerbangan langsung perdana maskapai Vistara dengan rute New Delhi - Denpasar di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. (dok. kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik penerbangan langsung perdana maskapai Vistara dengan rute New Delhi – Denpasar.

“Penerbangan ini akan memperkuat kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman, khususnya India sebagai salah satu pasar terbesar wisatawan ke Indonesia,” katanya.

Penerbangan perdana Vistara rute New Delhi (DEL) – Denpasar (DPS) dimulai pada 1 Desember 2023 dengan kapasitas 188 penumpang.

Pesawat Airbus A321 bernomor UK145 itu berangkat dari New Delhi (DEL) pukul 00.30 IST (waktu India) dan tiba di Denpasar (DPS) pada pukul 11.05 WITA.

Seterusnya, rute New Delhi – Denpasar akan terbang harian dengan frekuensi satu hari sekali.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, penerbangan langsung dari New Delhi ke Bali telah lama dinantikan, mengingat India menempati peringkat kedua jumlah kunjungan wisman ke Bali dengan total 360.415 kunjungan sepanjang Januari hingga Oktober 2023.

“Pascapandemi dan berangsur pulihnya ekonomi dunia, Bali masih menjadi destinasi primadona bagi wisatawan mancanegara asal India, sehingga adanya penerbangan langsung ini menjadi stimulus besar bagi kunjungan wisman di penghujung tahun 2023 dan seterusnya,” ujarnya.

Baca juga :   AirAsia Buka Rute Menuju Kupang dari Bali Mulai Pemesanan 1 November 2023

Kemenparekraf/Baparekraf turut mendukung rangkaian acara penerbangan perdana Vistara rute New Delhi – Denpasar pada Jumat, 1 Desember 2023 di Terminal Kedatangan Internasional, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali dengan menyambut dan membagikan cenderamata Wonderful Indonesia kepada seluruh penumpang.

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Bali menghadirkan tarian tradisional Bali Sekar Jagat dan sepasang Duta Wisata Teruna-Teruni Provinsi Bali untuk menyambut kedatangan para penumpang.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini hadir langsung dalam seremoni penerbangan (Inaugural Flight) Vistara rute New Delhi – Denpasar tersebut.

Dia menambahkan, penerbangan ini merupakan kabar baik bagi konektivitas langsung dari India ke Pulau Dewata, semenjak penerbangan rute Mumbai-Denpasar terakhir beroperasi pada tahun 2019.

“Selain unggul menempati peringkat kedua kunjungan wisatawan mancanegara di Bali, India juga menempati peringkat enam kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan dengan 444.768 kunjungan hingga September 2023,” jelas Made.

Baca juga :   PTDI Berhasil Kirim Lagi Pesawat NC212i Untuk TNI Angkatan Udara

Menurutnya, adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa didukung secara berkelanjutan, sehingga dapat bertahan dan terus bertambah kedepannya.

Rangkaian acara Inaugural Flight dilanjutkan dengan Gala Dinner Vistara di Hilton Bali Resort.

Gala Dinner Vistara didukung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dengan mempersembahkan pertunjukan tari tradisional Sekar Jepun atau bunga kamboja sebagai ikon Kabupaten Badung dan kehadiran Duta Wisata Jegeg – Bagus Badung.

Wonderful Indonesia terus berupaya mendatangkan wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi di Indonesia, utamanya di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (5 DPSP), terdiri dari Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

Salah satu DPSP, yakni Mandalika di Pulau Lombok dapat ditempuh dari Bali dalam 40 menit melalui penerbangan domestik maupun 90 menit dengan fast boat.

Adanya rute penerbangan baru New Delhi – Denpasar ini diharapkan dapat menjadi gerbang pembuka peluang destinasi wisata beyond Bali agar turut dikenal dan digemari oleh wisatawan India. B

 

Komentar