Pemkab Gowa Fokus pada Pembangunan SDM di RKPD Tahun 2025

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. (dok. sulselprov.go.id)

Sebagai langkah awal dalam penyusunan program pemerintah tahun 2025 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025.

Forum Konsultasi publik ini merupakan salah satu metode perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan pemangku kepentingan yang berlangsung di Baruga Tinggimae Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, jika membahas tentang rancangan pembangunan tahun 2025, maka pemerintah daerah sudah harus menyusun sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun dalam RPJPD agar semuanya tetap berjalan pada koridor yang telah dirancang.

“Hal ini dilakukan agar pembangunan didaerah terus berkelanjutan karena tidak ada satupun daerah dan negara yang maju tanpa keberlanjutan pembangunannya tapi semua daerah dan negara maju karena adanya keberlanjutan pembangunan,” ungkapnya saat membuka kegiatan ini didampingi Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni dan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abd. Karim Dania.

Baca juga :   Perusahaan Jepang Tertarik Jalin Kerja Sama Pengembangan Bandara di Indonesia

“Diketahui tantangan yang akan kita hadapi kedepan adalah Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di tahun 2045 atau yang biasa disebut Indonesia Emas,” ungkap Adnan.

Titik berat dari Indonesia Emas adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Oleh karena itu, yang harus kita persiapkan dari tahun 2025 adalah tetap menitikberatkan program prioritas itu pada pendidikan.

Pasalnya membangun SDM tidak seperti membangun infrastruktur yang satu tahun hingga dua tahun sudah dapat dirasakan manfaatnya, sementara membangun SDM butuh 25 tahun baru dapat melihat hasilnya.

“Jadi yang harus kita lakukan adalah tetap memprioritaskan program pada sektor pendidikan karna yang ingin kita capai di tahun 2045 atau Indonesia Emas adalah SDM yang unggul dan berkualitas,” jelasnya.

Jadi, dia berharap rancangan kerja ini  tetap melanjutkan seluruh program yang telah dilaksanakan delapan tahun terakhir tidak ada rencana kerja untuk kegiatan lain, tapi untuk melakukan penyempurnaan seluruh program yang ada.

Baca juga :   Kenaikan Kasus PMK di Sumbawa Diduga dari Lalu-lintas Truk Logistik

“Saya berharap rencana kerja di Tahun 2025 yang hari kita laksanakan dapat mendapatkan saran, masukan dan pendapat dari seluruh peserta supaya rencana kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 betul-betul berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama,” kata orang nomor satu di Gowa ini.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa Sujjadan menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini untuk memperoleh masukan dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2025.

“Jadi kegiatan ini merupakan tahapan penyusunan RKPD tahun 2025 dan sebagai sarana komunikasi interaktif dengan dialog untuk membangun Kabupaten Gowa tahun 2025, dimana tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh peserta pemangku kepentingan,” ujarnya. B

Komentar