Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji

Penyambutan untuk jemaah umrah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). (dok. angkasapura2.co.id)

Bandara Kertajati telah memenuhi persyaratan standar pelayanan penerbangan haji setelah dilakukan peninjauan oleh Tim General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 15 Februari 2023.

Kesiapan Bandara Kertajati menjadi bandara embarkasi haji ini melalui pemenuhan standar aspek keamanan dan keselamatan penerbangan, aspek pelayanan, serta aspek lainnya, seperti pelayanan keimigrasian, kepabeanan dan kekarantinaan (Custom, Imigration and Quarantine/CIQ).

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubud Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni, Tim GACA telah melakukan peninjauan kesiapan layanan Bandara Kertajati untuk penerbangan haji, dan sejumlah persyaratan yang diminta telah memenuhi standar.

“Selanjutnya GACA akan mengirimkan surat clearance kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub sebagai bukti hasil peninjauan dan pengamatan langsung ke Bandara Kertajati,” ujarnya di Jakarta pada Sabtu (18/2/2023).

Baca juga :   Bandara Kertajati Layani Penerbangan ke Kuala Lumpur Mulai Mei 2023

Setelah Kemenhub menerima surat clearance, maka dapat dipastikan musim haji tahun 2023, masyarakat Jawa Barat bisa berangkat haji melalui Bandara Kertajati.

“Tentunya akan menjadi suatu kebanggaan bagi calon jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya dapat berangkat melalui Bandara Kertajati, karena dapat menghemat waktu dan tidak perlu jauh-jauh menempuh jalur darat ke Bandara Soekarno Hatta,” jelasnya.

Kehadiran Tim GACA yang didamping Atase Republik Indonesia di Jeddah disambut oleh perwakilan dari direktorat teknis Ditjen Perhubungan Udara, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), PT Angkasa Pura II, beserta perwakilan instansi yang membidangi CIQ, pemerintah daerah dan instansi yang membidangi pelaksanaan ibadah Haji.

Baca juga :   Ditjen Hubud Memastikan Operasional di BIM Tidak Terdampak Erupsi Gunung Marapi

Tim GACA yang hadir itu untuk melakukan pengecekan dan melihat langsung kesiapan fasilitas di Bandara Kertajati, sehingga aspek pelayanan telah terpenuhi.

Kristi meminta semua stakeholders penerbangan yang terlibat dalam persiapan penerbangan haji menjalankan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditetapkan, sehingga penyelenggaraan penerbangan haji yang tinggal beberapa bulan dapat terselenggara dengan baik. B

 

Komentar