Kemenhub Bidik 151 Pelabuhan Untuk Implementasi Inaportnet

Pelabuhan Fakfak di Provinsi Papua. (dok.hubla.dephub.go.id)

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya melakukan perbaikan pelayanan melalui percepatan digitalisasi pelabuhan, salah satunya melalui aplikasi Inaportnet, yang kini telah terimplementasi pada 109 pelabuhan.

Pada tahun 2023, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kemenhub akan mengimplementasikan sistem Inaportnet di 151 pelabuhan, sehingga pada akhirnya diharapkan seluruh pelabuhan di bawah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Ditjen Hubla telah terimplementasi sistem Inaportnet dan dapat meningkatkan pelayanannya secara digitalisasi.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya petugas yang menangani sistem Inaportnet di pelabuhan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Training Of Trainer (TOT) updating materi terkait sistem Inaportnet.

“Sebelumnya saya ucapkan selamat atas terpilihnya Bapak/Ibu menjadi peserta Training Of Trainer Updating Materi Inaportnet Tahun 2023, semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat lebih meningkatkan kemampuan Bapak/Ibu dalam memahami sistem Inaportnet dan dapat menerapkannya dalam pengelolaan layanan kapal di pelabuhan yang lebih baik lagi,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kemenhub Arif Toha.

Baca juga :   Selama Libur Nataru Ada 126 Juta Pergerakan

Dia menjelaskan, perlu mempersiapkan SDM untuk melakukan transfer knowledge kepada para petugas pelaksana di pelabuhan agar petugas semakin berkualitas, berintegritas dan cekatan.

“Bapak/Ibu para peserta pelatihan dipilih berdasarkan waktu pengalaman sebagai penanggung jawab aplikasi, terlibat aktif dalam memberikan inputan pada aplikasi, serta berperan langsung pada pelayanan di pelabuhan,” tuturnya.

Selain itu, dengan adanya penerapan inaportnet maka diharapkan semakin memperkuat penerapan Nasional Logistik Ekosistem pada sektor angkutan laut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting menuturkan, penerapan Inaportnet pada 151 pelabuhan bukan merupakan pekerjaan yang mudah, tapi menjadi motivasi bagi Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut untuk mampu memenuhi amanah yang diemban dengan sebaik-baiknya.

Baca juga :   Mewaspadai Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Saat Mobilitas Akhir Tahun

“Oleh karena itu, tentunya kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa peran serta, bantuan dan masukan dari Bapak/Ibu untuk turut serta meningkatan dan mengembangkan Sistem Inaportnet ke seluruh Pelabuhan di Indonesia,” katanya.

Sebagai informasi, implementasi Inaportnet ini saat ini telah bersinergi dan berkolaborasi dengan Kementerian/Lembaga lainnya dan pengawasan pelaksanaannya juga ditinjau langsung oleh Kemenkomarves dan KPK melalui tim Stranas-PK. B

 

Komentar