Optimalisasi Pemprov Sulsel untuk Lahan Tidur

Optimalisasi lahan tidur agar produktif, termasuk pada aset-aset yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. (dok. sulselprov.go.id)

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin terus berupaya mengoptimalkan lahan tidur agar produktif, termasuk pada aset-aset yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Seperti pada Taman Maccini Sombala of Indonesia (MoI) di Kota Makassar dan Kawasan Benteng Somba Opu (BSO) di Kabupaten Gowa.

Bahtiar bersama dengan Pj Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah melakukan penanaman sukun di MoI dan Kawasan BSO. Selain sukun, lahan di dua titik ini akan ditanami pisang Cavendish juga nangka madu.

“Gerakan menanam, seperti sukun, nangka dan pisang Cavendish merupakan gerakan ekonomi kerakyatan. Ini sesuai arahan Bapak Presiden dan Mendagri, serta tanaman sukun ini bisa mengembalikan kondisi alam kita yang sekarang menurun,” kata Bahtiar.

Baca juga :   Pemprov Sulsel Senantiasa Beri Bonus Atlet Berprestasi pada Multi Event

Dia menambahkan, secara khusus pihaknya bersama jajaran akan membahas terkait kondisi Taman MoI.

“Salah satu yang menjadi urgent adalah keadaan lahan di Taman Maccini Sombala dan bagaimana pemanfaatannya. Saya dengan tim di Provinsi Sulsel akan mendiskusikan bagaimana lahan ini dikelola dengan baik untuk menghasilkan dan produktif,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Nurwati berharap dengan penanaman sukun ini dapat membawa berkah bagi masyarakat sekitar UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu.

Adapun lahan milik Pemprov Sulsel dibawah UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu mencapai 5 hektare, yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman pisang Cavendish, sukun, juga cabai. B

Komentar