Meningkatkan Konektivitas Sektor Transportasi Jadi Pekerjaan Rumah

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022 di Palembang, Sumatra Selatan pada Sabtu (17/9/2022). (dok. youtubeupacaraharhubnas2022)
Bagikan

Masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) untuk pembangunan sektor transportasi yang harus dituntaskan guna meningkatkan konektivitas di seluruh nusantara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, semua pihak perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antarmoda di seluruh Indonesia dan juga tantangan lainnya.

“Tantangan tidak bisa dihadapi tanpa kolaborasi, tanpa sinergi, diantara kita, diantara pemangku kepentingan. Oleh karena itu, Bangkit Maju Bersama menjadi tema Hari Perhubungan Nasional 2022, kita akan cepat bangkit dan maju bersama,” ujarnya saat upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022 di Palembang, Sumatra Selatan pada Sabtu (17/9/2022).

Menurut Menhub, kata kolaborasi menjadi kunci keberhasilan pembangunan sektor transportasi yang harus dilakukan semua pihak secara aktif sebagai bagian dari persatuan kinerja dan menjadi tanggung jawab bersama.

Baca juga :   Kemenhub Gandeng Institusi Pendidikan Tanamkan Budaya Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

Stakeholders di daerah, dia menambahkan, bersama pemerintah daerah (pemda) harus bersinergi membangkitkan sektor transportasi, karena akan berdampak pada terwujudnya masyarakat adil dan makmur sesuai dengan cita-cita bersama.

“Sinergi dan kolaborasi menjadi ruh dari peringatan Harhubnas tahun ini, skateholders, operator, asosiasi dan regulator, juga pemeritah daerah harus terlibat secara aktif sebagai bagian dari persatuan kinerja dan menjadi tanggung jawab bersama,” jelasnya.

Sektor transportasi, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat keberhasilan dengan tumbuh sebesar 21,27% pada Kuartal II/2022 dan memberikan sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44%.

Maka dari itu, lanjut Menhub Budi, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan nasional harus Indonesia Sentris dan bukan hanya Jawa Sentris.

Baca juga :   Plazainn Kendari By Horison Birthday Package

“Jadi, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh Insan Transportasi dimanapun berada, yang bertugas di kota, di desa, di perbatasan, dan di pulau-pulau terpencil, yang telah mengabdi demi menjaga konektivitas di seluruh penjuru negeri,” tuturnya. B

Komentar

Bagikan