Menhub Tinjau Bandara Singkawang Jelang Diresmikan Presiden

Saat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Singkawang di Kelurahan Pangmilang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. (dok. kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Singkawang di Kelurahan Pangmilang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (18/3/2024).

Bandara tersebut rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rabu depan (20/3/2024).

Menhub memastikan kesiapan fasilitas bandara baik dari sisi darat dan udara, fasilitas keamanan dan keselamatan penerbangan, serta fasilitas peralatan mekanikal dan elektrikal.

Dia berharap Bandara Singkawang akan mendukung konektivitas di Kalimantan Barat.

“Bandar Udara Singkawang, merupakan bandara baru yang berada di Kota Singkawang, dibangun untuk meningkatkan konektivitas, potensi pariwisata, pertumbuhan ekonomi, peluang usaha dan akan membuka peluang kerja di Kalimantan Barat khususnya di Singkawang,” tutur Menhub.

Bandara Singkawang dibangun melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari para pengusaha lokal Singkawang.

Baca juga :   Hamad Airport Qatar Terus Lakukan Ekspansi

Sedikitnya, ada delapan pengusaha lokal yang berinvestasi pada pembangunan Bandara Singkawang yang dibangun mulai tahun 2019 hingga tahun 2023 dan ditargetkan beroperasi pada April 2024.

Bandara ini memiliki panjang landasan (runway) sepanjang 1.400 meter x 30 meter, taxiway 200 meter x 18 meter, apron 100 meter x 50 meter dan terminal kargo seluas 312 meter persegi yang dibangun menggunakan APBN.

Sementara itu, gedung terminal penumpang seluas 8.000 meter persegi dan perpanjangan runway menjadi 2.000 meter dibangun menggunakan dana CSR. Dengan runway sepanjang 2.000 meter, Bandara Singkawang dapat didarati oleh pesawat Airbus A320.

Turut hadir pada peninjauan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Direktur Bandara Lukman F. Laisa, Anggota Wantimpres Gandhi Sulistyanto, dan salah satu pengusaha lokal donatur Bandara Singkawang Pui Sudarto. B

Baca juga :   Hasil Monitoring Pengendalian Transportasi Udara di Surabaya, Makassar dan Manado Lancar

 

Komentar