Menhub Apresiasi Kolaborasi Maskapai dan Perbankan Beri Promosi Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat peluncuran program “Terbang Hemat” di Jakarta, Kamis (25/8/2022). (dok. dephub.go.id)
Bagikan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh sejumlah maskapai dengan sektor perbankan melalui  peluncuran program “Terbang Hemat”, yang memberikan sejumlah promosi harga tiket pesawat.

Program ini diinisiasi oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang menggandeng sejumlah maskapai yakni Garuda Indonesia dan Lion Air Group untuk mendukung upaya menstabilkan harga tiket pesawat dalam rangka mengendalikan inflasi, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

“Saya mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan BNI bersama Garuda Indonesia dan Lion Air Group,” ujar Menhub saat menghadiri peluncuran program “Terbang Hemat” di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Menhub mengatakan, melalui program ini diharapkan dapat memberikan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau, khususnya di waktu-waktu tertentu.

Baca juga :   Kemenhub Upayakan Subsidi Konversi Kendaraan BBM ke Listrik

“Tadi istilahnya ada waktu prime time dan non prime time. Non prime time itu biasanya di hari Senin sampai Kamis di siang hari, yang dapat memberikan harga tiket yang lebih kompetitif,” tutur Menhub.

Melalui upaya pemberian tarif khusus di waktu non prime time ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat keterisian penumpang di waktu tersebut.

“Kalau penumpang non prime time bertambah, maskapai akan mendapatkan pemasukan, sehingga diharapkan dapat mengurangi tarif maksimal di waktu prime time,” kata Menhub.

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor penerbangan, dimana pergerakan pesawat hanya 10% dari masa sebelum pandemi.

Namun saat ini, sektor penerbangan berupaya untuk bangkit dan pulih lebih cepat.

Baca juga :   Internet 5G Jadi Standar Baru Layanan Penumpang Pesawat di Indonesia

“Di satu sisi kita mungkin komplain berkaitan tiket yang relatif kurang terjangkau, tapi di sisi lain pergerakannya begitu dahsyat. Untuk penambahan kapasitas, semua maskapai berencana untuk menambah, tapi akan dilakukan secara bertahap dan tetap mengutamakan aspek keselamatan,” tutur Menhub.

Melalui program ini, ditawarkan sejumlah promosi dalam bentuk diskon, cashback, cicilan 0% dan diskon tambahan menggunakan BNI Rewards Point.

Turut hadir Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Owner Lion Air Group Rusdi Kirana, Presdir Lion Group Capt. Daniel Putut, Direktur Utama Lion Air Group Rudy Lumingkewas, dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar. B

Komentar

Bagikan