Masyarakat Harus Waspada Penipuan Berkedok Promo KAI

Penumpang kereta api saat diperiksa dokumen persyaratan keberangkatan di stasiun. (dok. kai.id)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengingatkan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap phishing atau upaya untuk mendapatkan informasi seseorang dengan teknik pengelabuan.

Penipuan itu melalui link berkedok promosi dengan identitas KAI seperti logo, nama dan foto-foto perkeretaapian.

Link penipuan yang kembali ramai beredar melalui sosial media (sosmed) dan aplikasi percakapan tersebut memiliki ciri-ciri alamat situs yang mencurigakan, di antaranya http://mmmjemp.cn, http://bankruptcymelodious.cn, http://qxowtod.cn, http://crueltyspongy.cn, http://ambulancesodium.cn, http://negotiatefoam.cn, http://deceptivebuffalo.cn, dan lainnya.

Menurut Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, agar masyarakat jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan.

Bahkan, lanjutnya, hingga memberikan data ke website tersebut, kemudian juga jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan tersebut.

Baca juga :   KAI Mulai Jual Tiket Kereta Panoramic

Joni menjelaskan, dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain dan mengambil data pribadi melalui virus.

“Diharapkan berhati-hati dan waspada terhadap info, serta promosi yang mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui situs kai.id atau media sosial KAI121,” ungkapnya. B

Komentar