Kemenparekraf dan Grab Kembali Jalin Kerja Sama Wujudkan Target Parekraf

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Kemenparekraf dan Grab Indonesia. (dok. kemenparekraf)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menjalin kerja sama dengan Grab Indonesia untuk mewujudkan target di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pada tahun 2022.

Sebelumnya, Grab sudah bekerja sama dengan Kemenparekraf melalui brand “Wonderful Indonesia” sejak tahun 2018.

Kerja sama ini kembali terjalin melalui MoU dan PKS antara kedua belah pihak yang disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

“Mengawali tahun 2023, saya bangga sekali dapat melihat dan menyaksikan komitmen Grab Indonesia kepada Wonderful Indonesia untuk bersama-sama memulihkan dan memajukan parekraf di kancah global melalui program kemitraan Wonderful Indonesia Co-Branding yang tetap mengutamakan inovasi, adaptasi dan kolabor-aksi,” ujarnya di Jakarta, Rabu (04/01/2023).

Baca juga :   Kawasan Pariwisata Nusa Dua Bali Jadi Percontohan Program TCA

Menurut Sandiaga, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat brand equity, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta sharing resources yang akan menghasilkan penghematan biaya promosi dan pemasaran.

“Jadi, ada win win dengan Grab sebagai mitra dan membawa value. Terlebih platform ini sudah menjadi keseharian wisatawan dan pelaku UMKM. Mereka juga sudah memberikan komitmen kepada Wonderful Indonesia, ini memperkuat branding, maka harus terus didorong dengan adaptasi, kolaborasi dan inovasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menyatakan, Grab Indonesia telah menjadi mitra co-branding Wonderful Indonesia sejak 2018.

Selama periode tersebut Grab Indonesia telah banyak menginisiasi program kolaborasi dalam kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk aktivasi kampanye domestik, promosi dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) parekraf melalui layanan aplikasinya.

Baca juga :   Kemenparekraf Targetkan 45.000 Pekerja Pariwisata Tersertifikasi Hingga Tahun 2023

“Dengan adanya kerja sama yang terus terjalin, akan tercipta kolaborasi aktivasi program bersama demi kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, serta memberi manfaat bagi pelaku dan para UMKM,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Grab Indonesia Rizki Kramadibrata menuturkan, pihaknya siap terus bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk mendukung capaian target sektor parekraf tahun 2023.

“Kami memiliki ruang kolabor-aksi untuk bekerja sama dalam memberdayakan UMKM. Ini bukan tugas pemerintah semata melainkan tugas bersama karena UMKM menjadi tulang punggung bagi sektor parekraf. Kami juga memiliki akses luas kepada UMKM, juga kepada turis,” katanya. B

 

Komentar