LRT Jabodebek Beroperasi Komersial Desember 2022 Dengan Logo Baru

Kereta api LRT Jabodebek. (Istimewa)
Bagikan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan secara komersial Light Rail Transit Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (LRT Jabodebek) mulai Desember 2022 atau awal tahun 2023.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, nanti pada Agustus 2022 akan ditandai dengan demo Grade of Automation (GOA) 3 di beberapa lintas pelayanan.

Kemudian diteruskan pada Oktober 2022 akan dilakukan trial run. “Pada saat itu akan diskenariokan LRT ini sudah beroperasi seperti biasa, tapi belum ada penumpangnya,” ujarnya dalam keterangan perusahaan.

Pada Desember 2022 atau awal tahun 2023, lanjut Didiek, akan dimulai tahap operasional komersial LRT Jabodebek ini. “Mohon doa restu masyarakat agar penyelesaian ini bisa berjalan lancer.”

LRT Jabodebek merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi dalam mendukung pembangunan di wilayah Jabodebek.

Baca juga :   Tiket KA Jarak Jauh untuk Arus Balik Capai 100% Hingga 8 Mei

Sesuai namanya, LRT akan melayani daerah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi yang termasuk dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Untuk tahap ke-1 terdapat tiga lintas pelayanan, yakni lintas pelayanan 1 meliputi Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas-Stasiun Kampung Rambutan-Stasiun Taman Mini-Stasiun Cawang pp.

Kemudian Lintas pelayanan 2 meliputi Stasiun Cawang-Stasiun Ciliwung-Stasiun Cikoko-Stasiun Pancoran-Stasiun Kuningan-Stasiun Rasuna Said-Stasiun Setiabudi-Stasiun Dukuh Atas pp.

Lintas pelayanan 3 meliputi Stasiun Jatimulya-Stasiun Bekasi Barat-Stasiun Cikunir 2-Stasiun Cikunir 1-Stasiun Jatibening Baru-Stasiun Halim-Stasiun Cawang pp.

KAI mendapat penugasan pemerintah sebagai penyelenggara sarana dan prasarana LRT Jabodebek, di antaranya pengadaan sarana, pengoperasian sarana dan prasarana, perawatan sarana dan prasarana, dan pengusahaan sarana dan prasarana, serta menyelenggarakan sistem tiket otomatis (automatic fare collections), termasuk pendanaan pembangunannya.

Guna menyambut kehadiran LRT Jabodebek, KAI menyelenggarakan Logo Design Competition with LRT Jabobebek. Kompetisi pembuatan logo ini dimaksudkan agar layanan kereta api ini lebih mudah dikenali oleh masyarakat.

Baca juga :   KAI Resmikan Pemasangan Solar Panel di Stasiun dan Perkantoran

KAI mengajak masyarakat untuk berkreasi menciptakan desain logo LRT Jabodebek, yang dapat merepresentasikan visi dan misi KAI, serta layanan LRT Jabodebe, sehingga desain logo yang tercipta dapat mendorong produktivitas insan LRT Jabodebek dalam melayani masyarakat.

Peserta dapat mendaftar secara gratis dan mengirimkan hingga tiga desain logo terbaiknya melalui microsite www.lrtjabodebek-logocompetition.com, pada periode 13 Juni-8 Juli 2022.

Logo yang diikutsertakan dalam kompetisi adalah hasil karya peserta sendiri dan harus orisinil, unik, menarik, mencerminkan visi dan misi KAI, serta layanan LRT Jabodebek dan mudah diterapkan pada berbagai teknik dan media, baik 2D maupun 3D. B

Komentar

Bagikan