KPLP Dapat Apresiasi Komitmen Jaga Keselamatan Perairan Labuan Bajo Selama KTT ASEAN Ke-42

Para awak kapal patroli KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai). (dok. hublakemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dalam menjaga keamanan dan keselamatan perairan Indonesia, termasuk dalam perhelatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Para awak kapal patroli KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai) akan terus melakukan pengawasan dan patroli guna memastikan keamanan dan ketertiban perairan tetap terjaga dengan baik.

“KPLP berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban perairan di Indonesia dan mendukung kebijakan pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk dalam penyelenggaraan acara berskala internasional seperti KTT ASEAN ke-42,” ujar Direktur KPLP Rivolindo.

Dia meninjau langsung kesiapan para awak kapal patroli sebelum kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang akan turut meninjau langsung kesiapan para petugas.

Baca juga :   Tri Adhianto Buka Kompetisi Sepakbola Piala Soeratin U-13 dan U-15

Rivolindo mengungkapkan, saat ini terdapat sebanyak 53 orang awak kapal patroli KPLP yang bertugas, yang terdiri dari 23 orang awak kapal KN Jembio milik Pangkalan PLP Tanjung Priok dan 30 orang awak kapal KN Chundamani P-116 milik Pangkalan Tanjung Perak. Para awak kapal patroli sudah bersiaga di Labuan Bajo sejak 5 Mei 2023.

“Saya memberikan apresiasi dan semangat kepada kru kapal patroli yang bertugas dalam pengamanan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42, terutama bagi sebagian besar petugas yang belum pulang ke rumah semenjak pengamanan Angkutan Lebaran,” jelasnya.

Selama kunjungannya, Rivolindo juga bertemu dengan nahkoda kapal Chundamani P-116, Subairi dan nahkoda KN Jembio Luhut Maruli Tua Simanullang untuk memastikan kesiapan dan memberikan dukungan moril dan apresiasi kedua nahkoda yang terus memimpin awak kapal dengan profesionalisme, serta keberanian dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga :   Warga Sambut Antusias Senam Jantung Sehat Kayu Putih

Rivolindo menuturkan, kepercayaannya terhadap kemampuan dan dedikasi para awak kapal patroli KPLP dalam menjaga keselamatan, keamanan dan ketertiban perairan.

“Semua awak kapal patroli tetap semangat dan berdedikasi dalam menjaga keselamatan, keamanan, dan ketertiban perairan,” ungkapnya.

Rivolindo menekankan bahwa keselamatan dan keamanan perairan merupakan prioritas utama selama perhelatan KTT ASEAN ke-42 dan KPLP akan terus berkomitmen dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

KPLP juga mengajak masyarakat untuk mendukung tugas para awak kapal patroli dan turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban perairan.

“Kita semua mempunyai peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban perairan untuk mewujudkan Indonesia yang aman dan sejahtera,” jelasnya. B

 

 

Komentar