Kemenparekraf Hadirkan “WonderVerse Indonesia” Promosikan Parekraf Secara Interaktif Digital

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno usai penandatanganan MoU Pengembangan "WonderVerse Indonesia" antara Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dan Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia Hendra Liman di Gedung Sapta Pesona, Rabu (17/8/2022). (dok. kemenparekraf.go.id)
Bagikan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan platform WonderVerse Indonesia dalam upaya mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif digital.

Kemenparekraf berkolaborasi dengan PT Magnus Digital Indonesia dalam pengembangan dunia meta (metaverse) WonderVerse Indonesia.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf yang juga Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dengan Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia Hendra Liman.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, selain untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara, WonderVerse Indonesia juga untuk mendorong industri ekonomi kreatif mempromosikan produknya secara digital.

“Sekarang kita ada dalam satu transisi di mana digitalisasi mendorong transformasi. Hadirnya platform baru ini untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga ekonomi kreatif dengan meningkatkan perkembangan teknologi,” ujarnya usai penandatanganan MoU pengembangan WonderVerse Indonesia di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Baca juga :   Menparekraf Dorong Lebih Banyak Pihak Berpartisipasi dalam Work From Bali

Menurut Sandiaga, pemasaran melalui metaverse menjadi satu keniscayaan seiring dengan semakin terakselerasinya digitalisasi. Bahkan, lanjutnya, potensinya pun sangat besar.

Bloomberg memproyeksikan metaverse akan menjadi masa depan internet dengan nilai yang ditaksir mencapai US$800 miliar pada tahun 2024.

Pada tahun 2026, diperkirakan akan ada 25% dari populasi dunia yang akan menghabiskan setidaknya satu jam dalam sehari di metaverse.

“Berarti mereka akan bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apapun termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse. Ada di dalam ruang meta yang tentunya harus kita lakukan Langkah terobosan dari emoat tahun sebelum itu,” tuturnya.

Pemerintah, dikatakan Sandiaga, harus menghadirkan dan memfasilitasi agar seluruh pihak bisa memastikan metaverse meningkatkan kesejahteraan.

“Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa transformasi digital, termasuk metaverse harus mampu mendorong kedaulatan dan kemandirian digital Indonesia,” katanya.

Sandiaga berharap platform WonderVerse Indonesia jadi game changer dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depan.

Sementara itu, Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia Hendra Liman menjelaskan, WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian atau yang disebut dengan nama land yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Baca juga :   Kemenparekraf Dorong Pelaku UMKM Ekraf Ciptakan Konten Kreatif Berkualitas

Dalam land ini terdapat berbagai keanekaragaman yang bisa dinikmati, yakni “Lobby”. Pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan endemik, galeri lukisan dari seniman Indonesia dan layar lebar yang disediakan untuk mengetahui keseruannya.

Kemudian “WonderFUN Land” yang menghadirkan berbagai gim khas Indonesia serta hiburan seperti pertunjukan wayang, tari-tarian, dan sebagainya.

Selanjutnya adalah “WonderGoods Land”, pengunjung bisa bertransaksi barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terakhir “WonderREAL Land”, di sini pengunjung bisa langsung membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan.

“Kami berharap MetaVerse Indonesia dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia ke mata dunia. WonderVerse Indonesia dapat memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, dari sisi travel, terutama dari sisi ekonomi kreatif,” tutur Hendra Liman. B

Komentar

Bagikan