Kemenhub Libatkan Ratusan Warga Untuk Padat Karya di Instalasi Srop Pemancar Disnav Cilacap

Program Padat Karya di Instalasi Stasiun Radio Pantai (SROP) Pemancar Disnav Kelas III Cilacap, Jawa Tengah. (dok. dephub.go.id)
Bagikan

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui padat karya.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Distrik Navigasi (Disnav) Kelas III Cilacap kembali menggelar program Padat Karya di Instalasi Stasiun Radio Pantai (SROP) Pemancar Disnav Kelas III Cilacap, Jawa Tengah.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari 28-30 Juli 2022 ini melibatkan drkitsr 100 pekerja yang merupakan masyarakat sekitar, khususnya warga masyarakat Kelurahan Tambakreja.

Kegiatan dibuka oleh Anggota Komisi V DPR Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah VIII Hj. Novita Wijayanti.

Turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Kepala Kantor KSOP Kelas II Cilacap, perwakilan LANAL Cilacap, BMKG Cilacap, KKP Cilacap, Kantor SAR Cilacap, Pelindo Cabang Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, POLAIR Cilacap, Camat Cilacap Selatan, Lurah Tambakreja, serta perwakilan instansi pemerintahan dan stakeholder terkait di wilayah Cilacap.

Novita mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran Disnav Kelas III Cilacap atas pelaksanaan program padat karya ini yang ketiga kalinya ini.

Baca juga :   Kemenhub Minta KA Bandara Tetap Disiplin Prokes

“Hari ini ada 100 orang peserta yang mengikuti kegiatan padat karya, semoga hasilnya maksimal. Karena kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah yang ingin hadir di tengah masyarakat,” ujarnya.

Legislatif berharap program padat karya seperti ini dapat diperbanyak di seluruh Indonesia guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Era New Normal ini.

Selain itu, lanjut Novita, kegiatan ini diperuntukan bagi tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus dan diprioritaskan kepada warga lingkungan sekitar untuk diberdayakan.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan hasilnya tetap maksimal meski dengan anggaran yang terbatas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas III Cilacap Suyadi dalam laporannya mengatakan, kegiatan padat karya kali ini merupakan kegiatan padat karya tahap ketiga tahun 2022 yang dilaksanakan pada fasilitas yang berada di lingkungan Disnav Cilacap, yakni di Instalasi SROP Pemancar.

Baca juga :   Pelaku Ekraf Harus Perkuat Inovasi Hadirkan Nilai Tambah Produk

“Sebelumnya kegiatan padat karya tahap pertama berlangsung pada Maret 2022 berlokasi di Instalasi Bengkel Kenavigasian, kemudian tahap kedua dilaksanakan pada Juni 2022 di Menara Suar Baron Gunung Kidul,” jelasnya.

Adapun pekerjaan pada padat karya kali ini meliputi pengecatan gedung SROP Pemancar, pembersihan lingkungan, perbaikan saluran, dan pemasangan paving yang dilakukan secara berkelompok dengan diawasi oleh tenaga terlatih, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Program padat karya ini bersumber dari dana APBN dan upah kerja diberikan secara langsung kepada masyarakat yang terlibat, sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat,” tutur Suyadi.

Pihaknya berharap melalui kegiatan padat karya ini tercipta pemberdayaan masyarakat dan peningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan dan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan kemampuan anggaran yang ada,” katanya. B


Bagikan