Kemenhub Kembali Selenggarakan Program Mudik Gratis untuk Tekan Angka Pemudik Sepeda Motor

Kendaraan bermotor yang dipersiapkan menggunakan angkutan mudik Lebaran tahun lalu. (dok. kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan program Angkutan Mudik Gratis pada Lebaran tahun 2024.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan

Adita mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor mengingat potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi.

Dia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis.

“Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini,” jelas Adita.

Program Mudik Gratis tersedia melalui jalur darat, laut dan kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi.

Baca juga :   Pemerintah Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Antisipasi Puncak Arus Balik Tol Cikampek

Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk.

Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang direncanakan pada 5 Maret – 3 April 2024.

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April – 7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakuan pada 14 – 15 April 2024.

Kemudian, untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan pada 3 – 17 April 2024.

Selanjutnya di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api.

Tiket kereta api bisa didapatkan mulai 4 Maret – 18 April 2024. Tersedia kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Baca juga :   Kemenhub dan Pelindo Kerja Sama Tingkatkan Pemanfaatan Aset di Pelabuhan Bima

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2 – 8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13 – 19 April 2024.

Sebagaimana tahun lalu BUMN dan perusahaan swasta banyak yang mengadakan program mudik gratis, diharapkan pada Lebaran 2024 akan semakin banyak kementerian/lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, serta pihak lainnya yang turut menyelenggarakan program mudik gratis agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat.

“Kami beraharap, tahun ini kian banyak BUMN dan perusahaan swasta yang mengadakan mudik gratis. Jika program mudik gratis semakin banyak, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan sehingga angka kecelakaan turun dan kepadatan di jalan berkurang,” tutur Adita. B

 

Komentar