Kemenhub Akan Kembangkan Bandara Dewandaru

Bandara Dewandaru di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. (Istimewa)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengembangkan Bandara Dewandaru yang terletak di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah pada tahun ini.

Menurut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Dewandaru Ariadi Widiawan, keberhasilan pengembangan Bandara Ngloram memacu Kemenhub untuk segera menyelesaikan pengembangan gedung terminal Bandara Dewandaru dengan sebaik-baiknya.

“Terminal yang saat ini, masih sangat sederhana, bisa kami upgrade agar dapat menampung penumpang dan wisatawan. Tahun ini, fokus kami adalah menyelesaikan pembangunan, lalu mengoperasikannya,” ujarnya saat kepada pers di Kejaksaan Negeri Jepara, Kamis (6/1/2022).

Ariadi menjelaskan, rencana strategis yang akan dilakukan setelah pembangunan terminal bandara adalah membuka rute baru penerbangan dari dan ke Karimunjawa.

Baca juga :   Hartsfield-Jackson Airport Atlanta, Bandara Tersibuk di Dunia

“Renstra kami, akan membuka penerbangan Karimunjawa menuju Yogyakarta untuk mem-back up Borobudur sebagai pariwisata super prioritas. Kami juga ingin membuka rute Karimunjawa ke Jakarta, khususnya pada weekend,” jelasnya.

Ariadi menambahkan bahwa pihaknya juga akan mempromosikan Karimunjawa di lintaskementerian dan lembaga. Dia mencontohkan, Kementerian Maritim dan Investasi, Kementerian BUMN, serta Kementerian Pariwisata agar bersedia mengadakan meeting dan rapat di Karimunjawa.

“Kalau ini terjadi, tak hanya bandaranya yang ramai, tapi juga hotel dan pelaku wisata akan ikut memetik dampak positifnya, berupa tambahan kemajuan ekonomi Jepara,” katanya.

Agar rencana pembangunan tersebut lancar, lanjut Ariadi, pihaknya akan meminta pendampingan hukum kepada Kepala Kejaksanaan Negeri Jepara.

Baca juga :   Bandara I Gusti Ngurah Rai Pastikan Kesiapan Ground Handling

“Pendampingan hukum ini agar lebih cepat akselerasi. Kami minta pendampingan untuk melihat rule yang ada. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jepara Ayu Agung menegaskan, pihaknya akan memberi pendampingan hukum dalam pengembangan Bandara Dewandaru demi suksesnya pengembangan bandara tersebut.

“Tujuan kami memang untuk menyukseskan pembangunan bandara agar kegiatan pembangunannya tetap sesuai dengan berbagai peraturan yang mendasarinya,” paparnya.

Jadi, Ayu Agung menambahka, Bandara Dewandaru dapat segera terealisasi pembangunannya, bermanfaat bagi Jepara, khususnya dan untuk Indonesia pada umumnya. B

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here