KAI Sosialisasikan Kembali KA Batara Kresna

Kereta Api Batara Kresna jurusan Solo-Wonogiri pp. (dok. inka.co.id)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menyosialisasikan kembali pengoperasian Kereta Api (KA) Batara Kresna yang melayani rute khusus Solo ke Wonogiri.

Sosialisasi itu melibatkan komunitas pecinta kereta api dan awak media yang diajak secara langsung menaiki KA Batara Kresna dari Stasiun Solo Purwosari ke Stasiun Sukoharjo.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo menjelaskan, KA Batara Kresna merupakan salah satu fokus kerja Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (Jabagteng) dalam penyelenggaraan angkutan KA Perintis sejak tahun 2015.

Pengoperasian KA Batara Kresna sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan No Km 346 Tahun 2020 tentang Penugasan Kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Untuk Menyelenggarakan Angkutan Perintis Kereta Api Tahun Anggaran 2022.

Baca juga :   Kemenhub Sosialisasikan Aturan Baru Terkait Kelaiklautan Kapal Penumpang Wisata Bawah Air

“Eksistensi KA Batara Kresna menjamin keberlangsungan pelayanan angkutan kereta api dan menjadi angkutan umum massal alternatif bagi masyarakat khususnya di lintas Solo-Wonogiri,” ujar Franoto kepada media di sela-sela sosialisasi di KA Batara Kresna.

Franoto menyatakan, sosialisasi ini untuk lebih memperkenalkan secara lebih luas kepada warga masyarakat yang ada di Solo, Sukoharjo, Wonogiri.

“Karena KA Batara Kresna itu melewati satu kota dan dua kabupaten, kita lebih ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa KA Batara Kresna itu punya kemanfaatan, punya keunggulan dan punya kemudahan,” tuturnya.

KA Batara Kresna melayani masyarakat yang ingin bepergian dari Solo ke Wonogiri maupun sebaliknya, dengan melewati beberapa stasiun seperti Stasiun Solokota, Sukoharjo dan Pasar Nguter.

Baca juga :   Kemenhub Terus Tingkatkan Keselamatan Penerbangan di Papua

Waktu tempuh dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri selama satu jam 45 menit dengan kecepatan 10 km hingga 30 km/jam dengan harga tiket hanya Rp4.000 per penumpang, KA Batara Kresna dapat menjadi solusi yang murah dan anti macet bagi masyarakat yang berdomisili atau sering bepergian ke tempat-tempat tersebut.

Istimewanya, para penumpang KA Batara Kresna saat menaiki kereta juga dapat menikmati pemandangan mengesankan dari luar kereta yang tersaji. Dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota, Batara Kresna akan berjalan bersisian di Jalan Raya Slamet Riyadi yang menunjukkan kepada penumpang pemandangan ramainya Kota Solo. B

 

 

Komentar